TEKHNIK SAMBUNG ADENIUM

Adenium yang berasal dari Afrika dan Timur Tengah ini, termasuk jenis tanaman, yang tahan hidup tanpa perawatan khusus, untuk penyiramannya pun dapat tahan walau satu minggu tidak tersentuh air.

Untuk memperoleh tanaman dengan bunga yang variatif saat ini sangat mudah, karena ada teknik sambung.

adeniumsambung.jpg 

Pada edisi kali ini akan kami tampilkan tekhnik menyambung adenium :

  • Siapkan batang bawah yang akan menjadi dasar tanaman.

  • Buang daun yang melekat pada batang atasdan sisakan sekitar 2-4 helai daun.

  • Potong batang bawah 2-3 cm di atas leher bonggol.

  • Batang atas yang akan disambung ukurannya lebih kecil dari batang bawah.

  • Iris batang bawah membentuk huruf V sepanjang 1-1,5 cm

  • Selipkan sambungan pada batang bawah.

  • Balut sambungan dengan plastik serapat mungkin dari air.

  • Sambungan yang tumbuh akan muncul daun baru.

Selamat mencoba

About these ads

25 Balasan ke TEKHNIK SAMBUNG ADENIUM

  1. anna mengatakan:

    Apa yg menyebabkan grafting gagal?
    Bagaimana memperoleh sambung pucuk/bonggolnya?
    Bagaimana cara membuat bonggol menjadi seperti menjari? Benarkah angka kegagalannya cukup besar?

  2. choqie mengatakan:

    gimana cara ngatasi.. bonggol yang baru mulai membusuk, biar ga tambah busuk?

  3. oki mengatakan:

    potong bagian yang busuk, gantung tanaman yang akan ditanam selama sehari agar kering bekas potongan tersebut. tanam kembali adenium ditempat yang agak teduh selama tiga hari. adenium akan tumbuh dengan model akar yang lebih baik

  4. mohamad sujatmoko mengatakan:

    untuk ana
    grating kurang seteril (pisau kotor)
    untuk memperolehnya hasil yang bagus kita harus tempatkan sambungan kita ke tempat yang sejuk dan tunggu sampai dua minggu sampai muncul tunas.
    sayat zigzag batang bonggolnya.

  5. yopa mengatakan:

    sudah pernah saya coba..
    tapi ikatan plastik saya kurang rapat.., mksdnya bisa kemasukan air..
    apa ada efeknya bagi bagian sambungan tadi???

  6. jo mengatakan:

    Untuk sambung pucuk ikatan/ blebetan dari plastik harus rapat. Jangan terkena air, katrena menyebabkan pembusukan pada sambungan. Sambungan yang bagus tetap kering.
    Kadang bila sambungan belum sepenuhnya sempurna ikatan/ blebetan plastik dibuka, selain tersambung juga akan keluar akar baru. Bila dibiarkan dan ditaruh tanah akan lebih eksotis. Saya pernah mencobanya

  7. berto mengatakan:

    Kalau teknik penyambungan yang demikian itu sudah lazim, tetapi sering tingkat keberhasilannya rendah hal ini pernah saya coba. Tingkat keberhasilan apakah dipengaruhi oleh umur batang atas, pada saat penyambungan apa getahnya masih basah atau sudah kering?

  8. riuno96 mengatakan:

    bunganya bagus banget

  9. albert mengatakan:

    itu karena mungkin menutupnya kurang rapat bila masih gagal coba gunakan obat rootone perangsang hormon penumbuh akarr untuk melekatkan batang saat di sanbubg.

  10. gunawan mengatakan:

    apakah ada obat perangsangnya.coz saya pernah melakukaknya tingkat keberasilan hanya 40% saja.

  11. VEKY mengatakan:

    TOLONG DONG KALAU MAU MENYAMBUNG TANAMAN ITU BAIKNYA PAKAI OBAT APA YAHK

  12. Saya dan Aku mengatakan:

    Menyambung tanaman baik itu adenium atau apalah.
    tidak perlu pakai obat2an.
    cukup sambung biasa saja.
    kalau pertama2 gagal itu biasa saja.
    lama2 juga bisa.

  13. MURDANI mengatakan:

    tlog anda jelaskan sedikit tentang obat peransang pada tumbuhan…

  14. firman mengatakan:

    mas sy butuh video cara sambung untuk tanaman hortikultura,,kalo bisa kirim ke email sy yach.,firman_sepatan@yahoo.co.id.,.,sebelumnya trima kasih.

  15. Ada mengatakan:

    Gimana cara menanam tumbuhan dengan baik?

  16. Ada mengatakan:

    Nama pupuk apa yg membuat tumbuhan bisa subur or tumbuh dengan baik?

  17. Ada mengatakan:

    ,,,gimana caranya mematikan serangga yg merusak tanaman?firman

  18. Ada mengatakan:

    Firman,,,ada mw tanya?tumbuhan seperti apa yg di tanam tanpa akar

  19. midun mengatakan:

    eh… caranya cukup masuk akal…
    beda ama caraku sebelumnya,,, 123%gagal..
    membuat saya terinspirasi…

    semoga sambungan saya berhasil… dan pertamax,,,

  20. Ada mengatakan:

    Firman,,,,coz,,,tlng dong kasih tw gw cara”A_Z adenium:kiat rawat sambung & bentuk bonggol agar penampilan prima?tanks so mouch

  21. Ada mengatakan:

    ,,,gimaNa cara menyambung 2 tanaman menjadi satu tanaman,,tOloNg dOng kasih tw cAraNyA??

  22. buhania nia mengatakan:

    gimana cara agar bonggol adenium itu lebih besar?

  23. Ada mengatakan:

    Firman` kasih tw ada doNg,,(tumbuhan apa yg cepat tumbuh besar dan subur),,,dan gmna cara untuk menanamnya dngn baik,,,sblmnya TANKS??

  24. dani mengatakan:

    mas saya mau tanya cara penyambungan yang benar tu bagaimana…
    saya pernah mencoba tapi gagal trus
    dan setelah disambung dipanaskan apa diteduhkan

  25. Adrian adriano mengatakan:

    Makasih gan infonya mantap, susah susah nih tugas buat tanaman yang disambung!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: