IKAN CUPANG

Pamer sirip dan ekor untuk menarik lawan jenis.    Siap melibas lawan dalam arena

Hampir pasti, penggiila ikan hias tentu kenal dengan ikan yang satu ini. Mulai dari anak – anak sampai orang dewasa sudah tidah tidak asing lagi. Ya … tak lain dia adalah si cantik Cupang.

cupang.jpgNama yang sangat mudah di ingat. Bahkan saat ini banyak dijajakan di depan anak sekolah. Ikan cupang memang sangat menawan. Baik ikan cupang aduan maupun hias sama-sama eksotis dan menarik para hobiis ikan hias.Harganyapun beragam, mulai dari yang seharga lima ratus rupiah sampai puluhan juta ada. Anda yang berminat tinggal memilih dan menyesuaikannya.

Bagi anak-anak SD tentu akan memilih cupang aduan yang harganya relative terjangkau. Lihat saja, didepan sekolah banyak orang mulai menjajakan ikan air tawar ini. Bagi anak kecil mengadu ikan cupang mempunyai keasikan sendiri. Selain lucu juga khas. Disana tidak ada ikan yang mati atau berdarah. Biasanya saat diadu ikan akan mengembangkan sirip dan ekornya. Nah saat inilah keindahan cupang aduan terlihat cantik dan menawan. Bagi anak kecil tentu bukan keindahan yang mereka cari. Namun justru kehebatan yang dinantikannnya. Biasanya saat diadu ada bagian sirip dan ekor yang robek karena terkena sabetan sirip lawan. Dalam beberapa hari sirip dan ekor tersebut akan kembali tumbuh kembali. Ikan yang amenang tentu akan mengejar terus menerus. Sedang yang kalah akan berlari berputar dalam toples kaca. Saat seperti inilah yang menandakan aduan harus berhenti. Ikan yang kalah akan diambil dan dipisahkan kembali.

Inilah yang lebih bergengsi. Ikan cupang hias. Cupang yang satu ini tentu mempunyai harga yang lebih mahal dibanding saudaranya yang mempunyai nasib kurang baik, karena sering diadu oleh anak-anak. Cupang hias mempunyai ciri menawan dari keindahan tubuhnya. Mulai dari ekor, sirip sampai sisiknya terlihat menawan. Dalam toples akan terlihat anggun. Bila betina disandingkan, maka sang jantang dengan serta merta akan mengembangkan sirip dan ekornya sembari berengang meliuk liuk. Rayuan cupang jantang pada betina ini yang biasanya ditunggu penghobi untuk menentukan harga ikan. Karena saat tersebut keindahan ikan bisa dilihat.

Tidak hanya sampai disitu. Dikota-kota besar saat ini, penggemar ikan cupang juga banyak mendirikan perkumpulan. Sehingga kegiatannyapun juga semakin banyak untuk bisa menampilkan ikan kesayangannya tersebut. Bahkan saat ini didaerah maupun kota banyak diselenggarakan kontes keindahan ikan cupang dengan hadiah yang cukup menawanmenarik. Bagi pemenangnya sendiri tentu ada kembaggaan tak ternilai. Biasanya saat pelaksanaan kontes juga dibarengi dengan lelang cupang. Tak sampai disitu saja, sang jawara saat dilelang tentu juga akan naik harganya.Varietas baru juga terus bermunculan. Ini disebabkan rasa tak puas para penggila ikan ini untuk menemukan jenis dan tren baru. Kawin silang terus meneruss dilakukan. Hasilnya saat ini mungkin sudah ratusan varietas baru yang terlahir dari indukan silangan tersebut.

cupang / seritMenurut Aman Rahmat, warga Perum Beringin Putih Ngaliyan yang pernah memenangi kontes se Jawa di Pasaraya Sri ratu Semarang. Harga yang dibeli akan sebanding dengan kualitas ikan yang didapat. Beliau yang juga pengurus Apihis Semarang mencontohkan, cupang asal Thailand yang dibeli dengan harga 4 juta dua bulan sebelum kontes, akhirnya terjual  7,7 juta setelah menjuarai kontes tersebut. Tentu harga itu tidak semudah bayangan kita . Aman Rahmat harus merawat selama dua bulan dengan perlakuan khusus.

Anda tertarik…. ? bisa mulai dengan memelihara cupang yang seharga ribuan atau kalau sudah sangat hobi bisa memilih yang harga ratusan ribu hingga jutaan, tentu tergantung selera dan tujuan. Selamat memelihara.

About these ads

24 Balasan ke IKAN CUPANG

  1. isbandi mengatakan:

    saya ingin membeli ikan cupang yang kualitasnya baik tolong kirim sms dan data lengkap tentang ikan cupang yang baik dan berkualitas cukup baik ke nomer saya ini 085232395181

  2. dia5 mengatakan:

    seharusnya diberi penjelasan bagaimana pembuatan kandang yg bagus & efektif

  3. hendry mengatakan:

    gw pengen bgt cari ikan cupang yg bgs.
    tp dimana y t4nya..
    klo da yang tau bis ahub saya ke no. 085264867125

  4. agus mengatakan:

    penjualan ikan cupang di kediri dimana yo mas????

  5. ilham santoso mengatakan:

    saya mau nanya ikan cupang saya sudah bertelur 6 kali tp semuanya mati sebelum sempat saya kasih makan ikan cupang saya ada39 ekor
    nah pertanyaan saya
    1.bagaimana mengembang biyakkan ikan cupang
    2.setelah berumur 4 hari kan musti di kasih makan nah makanan apa yg bagus buat pertumbuhan anak ikan cupang?
    mohon bantuannya yah

    • Muhammad Zulfikar SP mengatakan:

      Malam pak imam makanan anak ikan kutu air kalau tidak ada bisa dikasih kuning telur rebus yang sudah dhaluskan, tetapi bisa juga dengan penambahan eceng gondok ditempat anakannya jadi ada jasad organiknya dan telur serangga tetapi hati2 dengan larva capung ( dragon fly ), karena menjadi predator anak cupang dibawah usia satu bulan kalau tempatnya diluar ruangan, mudah2an bermanfaat, salam dari penggemar cupang cara ini sudah saya terapkan waktu tinggal dikalimantan timur dan sekarang di jakarta, Muhammad Zulfikar SP

  6. andriyan mengatakan:

    saya mau nanya jual ikan cupang di pekanbaru tau mas?? saya mau beli ikan cupang tetapi saya tidak tau dimana jual.

  7. Tommy mengatakan:

    Saya mau pesan obat untuk okan cupang yang namanya melamix, tolong downk minta alamat lengkap yang jual obat tersebut di jakarta, tks

  8. dede mengatakan:

    di mana ya agen cupang hias di pekanbaru???aq mau cari indukan betina!!!kalo yg jantan udah ada

  9. dede mengatakan:

    kalo tau agen cupang hias di pekan baru tlg sms ke no 085278022111,,,,

    • Wira mengatakan:

      Jalan Hangjebat…Belok kanan…ada tuh toko akuarium…jual ikan cupang Plakat…Halfmoon..serit…Giant..

      Trus…di Simpang BPG..masuk terus…tempat jualnya sih ga terlihat…pass di tepi jalan.,tanya sama org daerah sana pasti tau…Sumber ikan cupang..

  10. dede mengatakan:

    hlooooo……breder cupang di pknbaru tg kasi almt klian ma aq!!!aq mau cri indukan hm btina neeee……085278022111

  11. grandchief mengatakan:

    aku jug apengin beli ikan cupang yang bagus nih….

  12. reymond mengatakan:

    ada hub : aja bang pencot di bekasi timur die jawara ikan aduan,meraup uang tiap bulan bisa ratusan juta. kalo minat maen ke kalangan aja di bekasi timur yeeee

  13. Abdul chamid mengatakan:

    mas, bagaimana tips memilih cupang yg bagus ?

    • Muhammad Zulfikar SP mengatakan:

      Malam pak memilih ikan cupang yang bagus kalau ikan hias dilihat dari bentuk keseragaman sirip dan ekornya serta warna dan kelincahan jadi harus jeli sedangkan cupang adu tidak bisa dilihat dari luarnya saja tetapi harus dicoba ( diadu untuk lihat kwalitasnya ) tidak perlu lama liat minimal 10-15 menit kalau sudah diketahui mainnya bisa diangkat dan dirawat untuk indukan tetapi kalau mau liat mental harus dites sampai salah satu ada yang kalah atau mati, tks mania cupang

  14. SABRINA BETTA FARM mengatakan:

    mohon maaf,, numpang iklan,, kami peternak dari semarang yang mencetak cupang2 cantik dan berkwalitas dengan harga murah meriah gak perlu mahal… BUKTIKAN!!!!!!!
    menerima eceran dan partai
    emerson6969@yahoo.co.id
    call;085640536326

  15. goldmoon mengatakan:

    agan” gw mau nanya nih… klo t4 yg jual cupang hias didaerah bekasi dmn ya??? klo bs sih bekasi timur??? tolong ya… saya lg nyari bi”t bagus cupang hias nih… ty

  16. PANGGI mengatakan:

    bagi ternek ikan cupang rawat lah ikan nya yang baik jangan di sabung terus menerus nanti ikan nya bisa mati aq cuman komentar kamu?

  17. PANGGI mengatakan:

    saya minta bagai mn merawat ikan cupang lebih baik dari aq yang meli hara saya tidak tau cara memberi makan nya?

  18. sardiman mengatakan:

    Jual daun ketapang kering (Dijamin kering di pohon ).Rp 2.000,-/5 lembar daun.hub : sardiman 02192350825/085213181673/085717789714

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: