MEMELIHARA AYAM KAMPUNG

MANFAAT  MEMELIHARA AYAM KAMPUNG

ayam jagoBagi masyarakat Indonesia, ayam kampung sudah bukan hal asing. Sejak kecil kita setiap hari bisa melihatnya. Walau saat ini ayam kampung dikota-kota besar sudah jarang terlihat berkeliaran bebas, bukan berarti keberadaannya punah. Di pinggiran kota masih banyak orang memelihara ayam kampung. Baik dibudidayakan secara sungguh-sungguh maupun hanya sekedar peliharaan untuk memanfaatkan sisa-sisa makanan yang eman-eman kalau dibuang begitu saja.

Ayam kampung mempunyai nilai gizi yang baik. Selain itu juga mempunyai rasa yang lebih khas dan nikmat dibanding dengan jenis ayam pedaging maupun petelur. Serat yang liat dan kenyal menjadi ciri utamaya. Bahkan setiap lebaran ayam kampung identik dengan makanan yang harus diada-adakan.

Ayam kampung mempunyai keistimewaan dibanding yang lain, diantaranya : Ayam kampung lebih tahan terhadap penyakit. Tahan dan mudah menyesuaikan dengan cuaca di Indonesia. Makanannya mudah, bahkan bila di pelihara ala kadarnya cukup diberi makanan sisa-sisa. Dapat dilepas secara bebas.

Tujuan utama orang memlihara ayam kampung adalah untuk diambil telur, daging, dan untuk dikembang biakkan. Ayam kampung  juga siap membesarkan anak-anaknya sendiri bila dilepas bebas.

Ada dua cara memelihara ayam kampung, yaitu dipelihara dengan dilepas bebas atau istilahnya diliarkan dan yang kedua dibudidayakan. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Ayam kampung yang dilepas bebas biasanya mempunyai tingkat kekebalan yang tinggi. Kita bisa menghemat biaya makanan. Karena ayam cukup diberi makan pagi hari saat akan dilepas berupa sisa-sisa makanan dan tambahan bekatul secukupnya. Selebihnya ayam akan mencari makan sendiri disekitar rumah. Namun cara ini juga ada kelemahannya. Ayam lambat untuk berkembang lebih banyak, karena tingkat kematian pada anak ayam relatif lebih tinggi. Waktu mengasuh terlalu lama yang berarti mengurangi produktifitas. Kita kurang bisa mengontrol keberadaan ayam. Sehingga kemungkinan dimangsa predator maupun hilang lebih tinggi.

Sedang bila kita membudidayakan dengan cara dikandangkan tentu lebih banyak keunggulanya. Walau tentu masih juga ada kekurangannya.

Ayam yang dikandangkan lebih mudah dikontrol keberadaannya. Kita bisa mempercepat populasinya dengan cara setiap ayam yang bertelur kita ambil dan kumpulkan untuk ditetaskan secara bersama dalam satu indukan atau mesin penetas. Anak ayam tidak harus ikt induknya. Namun dapat dipisah dan ditempatkan dengan pemberian panas cahaya listrik (untuk penghangat) dan makanan yang sesuai.

Untuk uraian dan trik singkat memelihara ayam kampung akan dibahas pada bagian lain.

BuyBlogReviews.com

About these ads

64 Balasan ke MEMELIHARA AYAM KAMPUNG

  1. j lho mengatakan:

    mo tanya ni gmn cr memelihara anak ayam yang bru netas?

  2. Malik mengatakan:

    Cara memerawat anak ayam yaitu pagi pagi di mandiin.trus jgn lupa sikat gigi dan kalau ngompol cepat 2 di cebokin.
Hi…hi…hi…1699¤

  3. nath aguthoor mengatakan:

    selamat siang.
    saya berkeinginan untuk mengetahui lebih jauh mengenai uraian dan trik singkat memelihara ayam kampung seperti yang anda sebutkan diatas? seperti,..
    - bagaimanakah penanganan ayam dari telur, setelah menetas dan ketika dalam proses pembesaran?
    - berapa lama seekor anak ayam menjadi dewasa.menimal ukuran konsumsi (sekitar 1 s.d 1,5 kg).
    - pakan apakah yang cocok untuk ayam kampung dan dapat mempercepat proses pertumbuhannya. apakah pakan alami (cacing, jagung,dll), atau pakan buatan (seperti BR 1/BR 2 atau lainnya), atau dalam bentuk konsentrat.
    - bagaimanakah kondisi kandang yang baik untuk ayam kampung. apakah seperti ayam ras yang di kandang bergenteng ataukah dibiarkan di lahan terbuka yang telah dipagari dengan tambahan gubuk kecil yang sedianya dapat digunakan ayam tersebut untuk berteduh atu bermalam.
    - berapakah densitas/m2 yang dapat diterapkan kepada ayam kampung sehingga dapat mengurangi tingkat stres dan optimal.
    - langkah2 pencegahan terhadap penyakit apa saja yang dapat dilakukan oleh saya, sehingga resiko kandang menjadi tempat tumbuh berkembangnya penyakit dapat ditekan.
    - kalau seandainya langkah tersebut tidak dapat dilakukan dan telah terjadi kasus penyakit terhadap ayam kampung tersebut. maka obat2an atau tindakan apa saja yang dapat saya coba (maaf penyakit yang dimaksud tidak saya sebutkan).
    atas perhatian dan jawaban yang akan bapak berikan, saya nath aguthoor mengucapkan terima kasih telah mau berbagi ilmu.

    -salam-

  4. Ron mengatakan:

    bagaimana cara menetaskan telur ayam tanpa induknya? boleh buat mesin tetasan sendiri? bagaimana?

  5. Ron mengatakan:

    Beli makanan ayam mahal …boleh proses makanan ayam sendiri? bagaimana cara?

  6. Enk_ mengatakan:

    Pengumuman ych bUat smuanya..`
    kLau ga bsa memeliHara ayam dah ga usah maksain mendingan memeliHara beBek aja.
    LebiH gampang n untng yg bnyak cUy..
    ApalagI dah bertElur bsa tiap hari.. Makan telur trz gW sMpai pinter kaya gIni.

  7. budi mengatakan:

    digambar itu ayam kampung/ayam lehor ya.kok warna coklat, bulu mengembung, kepala tumpul & kaki pendek.

  8. andi mengatakan:

    pak tlng di kasih tau cara ternak ayam kampung ya saya mau belja merintis

  9. ankga mengatakan:

    siiip lah

  10. joefals mengatakan:

    manajemen ternaknya,kuranf lengkap infonya coy

  11. yanto mengatakan:

    Apa bedanya ayam kampung ma ayam arap,trim

  12. [...] gambar: – gubug – dari sini – ayam jago – dari sini – pencuri talok – dari [...]

  13. yuky aryandy mengatakan:

    sebenarnya saya juga merawat ayam di rumah namun yang saya tanyakan adalh bagaimana tahapan ahapan untuk memberi faksin pada ayam,,, biasanya ayam di beri semacam faksin tetes pada masa usia 5 hai agarmempunyai daya tahan tubuh yang sangat kuat,,, dan di beri faksin MD ,,,,,, dan yang terakhir yang saya tahu adlah ayam diberi faksin gumborooo,,, agar penyakit tidak menjaangkiti ayam,,, namun saya bingung baaimana harussss memberi ,,,, cuman waktu di sekolah hanya di perkenalakan itu itu saja
    mohon balasan ke email saya…?

  14. fuad jawahir mengatakan:

    pak gmana caranya memelihara ayam kampung,tapi dengan cara sistem seperti ayam potong,apa dlm proses panen bisa 2bln(pembesaran.apa jenis pakan ada metode lain.

  15. fuad jawahir mengatakan:

    pak cara mengetauhi ayam kampung unggul gmana yaaaaaa?

  16. yong mengatakan:

    Tanya bos…
    Jenis konsentar apa yang bisa digunakan untuk pakan Ayam kampung dari kecil (doc) sampai usia panen

  17. yong mengatakan:

    Maaf … maksud saya konsentrat

  18. Uzumaki mengatakan:

    bagaimana cara memelihara ayam yang sakit ?

  19. aries mengatakan:

    diman saya bisa mendapatkan bibit (DOC/anakan) ayam kampung yang terjamin kualitasnya dan brp harganya?
    Saya berdomisili di semarang,.
    Trims…

  20. choirul mengatakan:

    betul 3x. w ska bgt piara ayam kampung. ad 3 d rmh.

  21. joao sequeira mengatakan:

    saya sangat suka dengan cara memelihara ayam kampung.
    saya ingin tanyakan sama bapak/ibu bagaimana memelihara ayam nol bulan sampai dua bulan. dan bagaimana menbuat kandang yangbaik dan benar. terima kasih.

    joao sequeira

    timor leste.

  22. Juharno mengatakan:

    Apa Obatnya Biar Ayam Ngak Kena Penyakit Kata Orang Sunda Itu Katelo Trimakasih

  23. Parjoko mengatakan:

    Sy dr msia..uda lama piara ayam kampung tp nggak jd hartawan jg..waduh,aq harus g mana ya..

  24. widdy mengatakan:

    - bagaimanakah penanganan ayam dari telur, setelah menetas dan ketika dalam proses pembesaran?
    - berapa lama seekor anak ayam menjadi dewasa.menimal ukuran konsumsi (sekitar 1 s.d 1,5 kg).
    - pakan apakah yang cocok untuk ayam kampung dan dapat mempercepat proses pertumbuhannya. apakah pakan alami (cacing, jagung,dll), atau pakan buatan (seperti BR 1/BR 2 atau lainnya), atau dalam bentuk konsentrat.
    - bagaimanakah kondisi kandang yang baik untuk ayam kampung. apakah seperti ayam ras yang di kandang bergenteng ataukah dibiarkan di lahan terbuka yang telah dipagari dengan tambahan gubuk kecil yang sedianya dapat digunakan ayam tersebut untuk berteduh atu bermalam.
    - berapakah densitas/m2 yang dapat diterapkan kepada ayam kampung sehingga dapat mengurangi tingkat stres dan optimal.
    - langkah2 pencegahan terhadap penyakit apa saja yang dapat dilakukan oleh saya, sehingga resiko kandang menjadi tempat tumbuh berkembangnya penyakit dapat ditekan.
    - kalau seandainya langkah tersebut tidak dapat dilakukan dan telah terjadi kasus penyakit terhadap ayam kampung tersebut. maka obat2an atau tindakan apa saja yang dapat saya coba (maaf penyakit yang dimaksud tidak saya sebutkan).
    -bibit yg uggul gmn?makasih

  25. alvin mengatakan:

    apa obat ayam sakit

  26. alkhaer mengatakan:

    s memelihara ayam kampung di daerah dingin,sedangkan saudara di daerah yang brsuhu panas,prtumbuhanx jauh berbeda,ayam s lbih lambat prtmbuhannya,
    yg mau s tnyakan kanapa bsa yah? padahal makanx sdah s jamin, mohon di jawab!

  27. Aziz Maulana mengatakan:

    - desain box tetas yang baik untuk kapasitas 100 butir, ukuran, watt lampu,
    - Cara memilih telur yang fertil
    - desain kandang ayam kampung yang baik seperti apa?
    - densitas/m2 yang ideal berapa untuk pemeliharaan kandang postal
    - cara memilih pejantan dan yang baik seperti apa?
    - Perbandingan pejantan dan betina untuk dikawinkan berapa?
    - manajemen ayam kampung dengan kandang postal yang baik bagaimana?
    - komposisi pakan dari DOC sampai sampai masa panen ukuran 600 gr, 800 gr, 1.2 kg, 1.5 kg
    hohon di berikan petujuknya dan terimakasih sebelumnya

    • hamdan rofiq mengatakan:

      anda tau bnyak y….boleh mnta sran ngg?

      gmna crnya netesin telur ayam dg panas lampu.??/
      watt lampu sbrp besar?
      n’ jarak antar lampu n’ telur brp kira”?
      cepet lz!

  28. Jabon mengatakan:

    kalau ayam kampung di kakmpungku lebih lama pertumbuhanya dari pada ayam pedaging yang bisa di ternakan itu ….

  29. sewa komputer mengatakan:

    Menetaskan telur yang pakai lampu itu bagaimana caranya ya??

  30. dewanto sinurat mengatakan:

    ass salam kenal, bagaimana menghindari parasit di kaki ayam ?,bagaimana menghindari predator musang ?

  31. nisa mengatakan:

    wahh..ilmu baru ni..maksi ya buat imunya,,,n_n

  32. yongki mengatakan:

    saya udah sering memelihara ayam kampung dengan cara di tetaskan dg induk setelah menetas di karantina, Hasil selama 3 Bln OK dan berhasil. yg saya tanyakan ayam punya saya kena penyakit yg saya belum pernah alami yaitu ayam jantan dan betina matanya kena penyakit rabun dan lama kelamaan ayam menjadi buta . barang kali ada pengalaman seperti di atas mohon pentunjuk tuk mengatasi penyakit tsb, terimakasih.

    • Rhol3x mengatakan:

      Klo mata ayamnya bernanah, di keluarin nanahnya dlu trus dikasih minum obat aja. dia nnt akan sembuh dan penglihatannya jdi baik.

  33. doyan mlenxok mengatakan:

    bagaimana cara memelihara ayam KAMPUS , :D

  34. dealer pulsa mengatakan:

    boleh deh,bisa dijadikan salah satu objek usaha

  35. shifa mengatakan:

    bagai mana supaya ayam kampung tidak mudah terkena pexakit dan mati…,,,,?????
    soalnya ayam ku udah baxak yang mati..,,,
    tolong penjelasanya..,,!!!

  36. And mengatakan:

    Pelihara ayam kampung emang gampang2 susah tp bl di tekuni pasti hasilx sgt memuaskan

  37. gus lombok mengatakan:

    makanannya mahal banget, ada komentor

  38. cungkring mengatakan:

    eeeeeeee
    kalo di depan idung tuh ayam pada ada benjolanya
    kira2 kena penyakit apa tuh…
    apa ada penanganan yang efektif

  39. TONK-Q PRODUCTION mengatakan:

    Ayam slengean ada g?

  40. Topan Dwi Setiawan dari Lahat Sumsel Indonesia mengatakan:

    Bagaimana sih cara merawat anak ayam Bangkok itu!!!( Saya ini baru belajar berternak ayam). Anak ayam Bangkok aku mati teruss!!!Siallll………Trussssssss,,,,,,,,,,,

  41. yulia mengatakan:

    kalo ayam temboloknya nggap mengempis setelah dua malam gimana cara mengatasinya ya??tolong dibalas?

  42. gmana pak cranya agar ayam cpat tmbuh subur tnpa kena pnykit

  43. anton mengatakan:

    berapa suhu untuk menetaskan telur tanpa indukan ?….. bls ….

  44. poetra mengatakan:

    saya ingin bertanya…
    bagaimana cara pemeliharaan ayam dan apa yg bgus nya untuk makanan ayam ….
    dan dimna biasanya tmpat nyaman untuk ayam ???????

  45. ipank's mengatakan:

    saya senang memelihara ayam kampung….

    mhon, dberi trik prawatan yg baik.

    kontak: 08192267634

  46. hellaciousmee mengatakan:

    ayam dulu,,telur dulu??

  47. aan mengatakan:

    selamat siang
    bagaimana cara supaya ayam dapat berkemban biak secara cepat, mungkin dipengaruhi makanan atau apa……?
    Bagaimana cara menangani ayam2 yang nyekrukuk (seperti kedinginan, mungkin makanan…? )
    terima kasih

  48. aldian mengatakan:

    saya ingin tanya!apa pakan dari ayam kampung ini?terima kasih.

  49. Rusuli mengatakan:

    siank..
    apa obat nya….bila ayam sakit….(obat nya apa)

  50. Ety mengatakan:

    Ayam aku pada sakit, apa obatnya

  51. Berlianagara A.H mengatakan:

    Artikel yang sangat menarik,jika ada yg membutuhkan artikel yg lain mnegenai ternak ayam kampung bisa kunjungi blog saya Ternak Ayam Kampung

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: