PLANTERA FRUIT PARADISE

SURGA BUAH UNGGUL DI KEBUN NGEBRUK

Plantera Fruit ParadiseJangan berpikir kalau durian montong besar dengan buah tebal dan pongge (biji) kecil itu buah impor dari negeri gajah Thailand. Saat ini hampir sebagian besar supermarket di kota-kota besar selalu tersedia buah durian montong setiap saat. Ini karena para pekebun buah unggul kini telah banyak tersebar hampir diseluruh bagian Nusantara dengan tekhnologi agro modern bisa membuahkan buah-buahan unggul agar dapat di panen sesuai waktu yang ditentukan.

kebun-ngebruk-patean-copyCoba saja datang ke Plantera Fruit Paradise di kebun Ngebruk desa Sidokumpul kecamatan Patean kabupaten Kendal yang merupakan Mekarsarinya Jawa Tengah dan satu-satuunya kebun buah unggul di Indonesia. Disana Anda dan keluarga akan disuguhi tanaman buah unggul yang tak terbayangkan sebelumnya.

“Tumbuh” datang kesana berkat jasa baik Rektor IAIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA. yang mengajak mengunjungi Plantera Fruit Paradise. Rektor yang sudah dua kali menghijaukan kampusnya dengan penanaman dua ribu pohon berupa jati emas, mahoni, durian, rambutan, kelengkeng dan ketapang hasil kerjasama dengan Perhutani dan Pemda Propinsi Jateng ini memang pecinta tanaman. Kesempatan emas tidak kami sia-siakan. Perjalanan selama satu jam lebih tak terasa, itu karena rombongan kami yang berangkat dari kampus IAIN Walisongo Semarang mengambil jalur potong kompas lewat Ngaliyan-Boja-Singorojo terasa sangat nyaman dengan pemandangan dan panorama pedesaan.

Begitu memasuki area parkir, hawa sejuk dilokasi perbukitan antara 400-600 dpl terasa di badan. Nuansa agro wisata modern begitu kental dipadu keramahan petugas.

Mas Unggul Suroso selaku Area Manager tersenyum manis menyambut kedatangan kami yang telah dinantikan. Rombongan langsung diajak memasuki Plantera Hall tempat informasi semua fasilitas yang ada selama berkunjung ke Agro Wisata Plantera Fruit Paradise. Selain petugas informasi yang ramah dan cantik juga photo-photo tanaman dan buah-buahan yang bisa dinikmati pengunjung. Mobil wisata warna-warni juga berderet di depan Plantera Hall siap mengantar pengunjung berkeliling kebun seluas 210 hektar.

Untuk dapat berkeliling kebun pihak pengelola menyediakan mobil wisata.dengan harga tiket Rp. 25 ribu per orang dengan didampingi seorang gaet setiap mobilnya. Bagi yang ingin berkeliling dengan berjalan kaki sambil olah raga menikmati sejuknya hawa perbulitan sekaligus melihat dari dekat tanaman yang sedang berbuah, cukup hanya menyediakan kocek Rp. 10 ribu dengan didampingi seorang gaet setiap rombongan yang terdiri dari 5 orang..
Dengan diantar oleh mas Unggul Suroso kami diajak berkeliling kebun. Tanaman kelengkeng adalah pilihan pertama kami. Menurut beliau kelengkeng yang ditanam di kebun Ngebruk merupakan kelengkeng pilihan dengan bibit unggul hasil penelitian dan silangan. Sebelumnya ribuan tanaman kelengkeng pingpong dan diamond telah ditanam. Setelah tumbuh selama 3 tahun tanaman kelengkeng yang tingginya antara 2,5 – 3 meter tersebut menghasilkan buah sangat lebat, besar dan manis namun mempunyai kekurangan berupa biji yang juga besar dan mempunyai kandungan air yang banyak. Pihak pengelola Plantera Fruit Paradise di kebun Ngebruk masih kurang marem dengan hasil tanamannya. Walau kelengkeng pingpong dan diamond telah teruji dan direkomendasikan oleh Departemen Pertanian dan terbukti menghasilkan buah yang sangat bagus, akhirnya tanaman yang telah panen tersebut diambil dan ditanam dalam pot-pot berupa drum untuk dijual bagi yang ingin menamnya baik didaerah rendah maupun tinggi.

Ribuan tanaman diganti dengan jenis baru berupa kelengkeng Itoh. Tanaman kelengkeng jenis ini memang belum umum dipasaran. Ini adalah hasil silangan, Tanaman tersebut sampai saat kami mengunjungi Plantera Fruit Paradise memang belum ada dipasaran. Karena masih dalam tahap uji coba dan penelitian.

Menurut Unggul Suroso Jenis kelengkeng Itoh mempunyai keunggulan dari rasa yang lebih legit, kisat airnya, berbiji kecil dan harum namun berbuah juga besar. Tanaman ini berbuah antara 2,5 – 3 tahun dengan ketinggian tanaman sekitar 3 meter. Syarat berbuah adalah pupuk yang cukup dan sinar matahari bisa menyinari secara langsung seharian.

walau setinggi 3 m tapi buah lebatYang tak kalah takjubnya adalah durian montong. Durian yang berumur tiga tahun dengan tinggi pohon setinggi 3 meter ini mempunyai buah yang sangat besar antara 5-7 kg dan banyak. Bahkan buahnya sampai menyentuh tanah. Semua tanaman durian montong berbuah antara 5 – 10 buah. Tiap blok berbeda tingkat kematangan buahnya. Blok yang pertama sedang berbunga, blok kedua, berbuah muda, ketiga buah telah dewasa dan hampir matang. Sedang blok lainnya siap panen. Ini memang disengaja agar panen bisa setiap saat. Bila tanaman model tradisional panen berdasarkan musim, di Plantera Fruit Paradise kebun Ngebruk panen setiap saat. Ini karena kebun dikelola secara professional. Setiap blok ditangani secara khusus oleh 15 orang tenaga lapangan yang bertanggung jawab secara penuh terhadap tanaman, mulai dari pembersihan gulma dan tanaman liar, pemberian pupuk, penyiraman, pemankasan, keamanan jumlah buah yang tumbuh hingga memetiknya. Dari 15 tenaga lapangan diberikan seorang konsultan pertanian khusus bua-buahan unggul, dari 10 kelompok yang berjumlah 150 tenaga lapangan ada seorang ahli yaitu Insinyur pertanian yang siap untuk memberikan bimbingan.

Prof.Dr.H.Abdul Djamil,MA mendapat penjelasan dari Area Manager Kebun Ngebruk

Prof.Dr.H.Abdul Djamil,MA mendapat penjelasan dari Area Manager Kebun Ngebruk

Perjalanan keliling kebun sudah lebih dari 30 menit tapi tak terasa. Kabut halus menyapu bukit bukit yang menghijau penuh buah-buahan ranum. Kami berhenti kembali di sebuah gazebo besar di tengah kebun . Beberapa pengunjung turun dari mobil yang bergambar buah-buahan. Bagi yang ingin minum dan membeli buah-buahan juga disediakan di dalam gazebo tersebut. Selain untuk istirahat, gazebo ditengah kebun merupakan tempat menikmati buah yang telah dibeli dan dipetik secara langsung.

Dibelakang tempat istirahat terbentang luas kebun sirkaya new varita yaitu Sirkaya Grand Anona. Serkaya Plantera Fruit Paradise kebun Ngebruk ini mempunyai keunggulan berupa rasa yang khas, yaitu manis dan bau harum, berbiji sedikit dan besar. Bila sirkaya lokal hanya sebesar genggaman anak-anak, sedang di kebun Ngebruk sangat besar-besar, bahkan setiap buah beratnya rata-rata mencapai ¾ kg.

Tanaman buah naga juga tersedia, mulai dari yang berdaging merah

Kabut tipis menyapu kebun buah naga

Kabut tipis menyapu kebun buah naga

maupun putih. Tentu saja buah yang ada mempunyai keunggulan tersendiri. Bagi yang tidak menyukai durian karena bau yang menusuk. Tanaman berupa buah unggul juga masih banyak tersedia. Mulai dari rambutan binjai dan rapiah yang terkenal sangat manis, jambu citra merah besar dan lain-lain. Sedang komoditi lain berupa semangka, melon kuning, sampai jagung manis yang bisa dipetik dan dibakar dikebun.

Setelah lelah berkeliling dengan mobil wisata, pengunjung masih dimanjakan dengan tersedianya Plantera Resto’n Shop yang menyediakan hidangan dan aneka minuman berupa jus buah segar. Buah-buahan pilihan hasil kebun juga tersedia, mulai dari durian montong yang besar dan harum, kelengkeng itoh yang legit, buah naga, rambutan, sirkaya, melon, semangka sampai jagung godok maupun bakar.

Bagi yang tertarik menanam buah-buahan unggul, pihak pengelola Plantera Fruit Paradise kebun Gebruk juga menyediakan bibit unggul berbagai tanaman buah-buahan. Sedang bibit yang menjadi andalan adalah bibit durian montong yang dibandrol Rp. 100 ribu / pohonnya.

gazebo di tengah kebun, tempat yang sejuk untuk menikmati buah-buahan segar di alam

gazebo di tengah kebun, tempat yang sejuk dan nyaman untuk menikmati buah-buahan segar di alam terbuka

Hampir 2,5 jam kami berkeliling dan menikmati indahnya panorama Plantera Fruit Paradise kebun Ngebruk di Patean Kebupaten Kendal. Saatnya kami harus berpisah. Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada yth. Bapak Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA. yang telah mengajak kru “tumbuh”, mas Unggul Suroso selaku Area Manager Plantera Fruit Paradise kebun Ngebruk Kendal.

Bagi anda yang ingin datang mengunjungi Mekarsarinya Jawa Tengah dengan tanaman berupa buah unggul terbesar dan satu-satunya di Indonesia silahkan datang di Plantera Fruit Paradise kebun Ngebruk di alamat Sidokumpul kecamatan Patean Kendal jawa Tengah konfirmasi : Woro 024- 70894716 dan Lusika 024-70894719

About these ads

59 Balasan ke PLANTERA FRUIT PARADISE

  1. danang mengatakan:

    salam, saya danang, mau tanya harga tiket masuk untuk satu rombongan, kira-kira 50 orang.. saya tertarik dengan jenis-jenis tanaman yang ada di kebun, ingin saya dan rekan2 petani berkunjung ke kebun ngebruk tsb. terimakasih..
    email:
    aa_5555_bh@yahoo.co.id

  2. Aryo Nugroho mengatakan:

    mohon informasi…
    rute kendaraan umumnya jika menuju lokasi ARGOWISATA ini. terima kasih

  3. juniar mengatakan:

    Bila anda dari Semarang. Tidak perlu menuju kendal. Lebih baik potong kompas dari pertigaan Jerakah belok ke Selatan menuju jalur Ngaliyan terus ke Boja lurus sampai mentok pertigaan Singorojo. Jarak dari Jerakah/ Ngaliyan sekitar 1,5 jam

  4. juniar mengatakan:

    Bila anda dari Semarang. Tidak perlu menuju kendal. Lebih baik potong kompas dari pertigaan Jerakah belok ke Selatan menuju jalur Ngaliyan terus ke Boja lurus sampai mentok pertigaan Singorojo. Jarak dari Jerakah/ Ngaliyan sampai lokasi plantera sekitar 1,5 jam

    • effendy mengatakan:

      hari minngu tgl 21 maret 2010 ada rencana berkunjung ke lokasi plantera fruit paradise (mekarsarinya jawa tengah)ada buah apa yang siap panen

  5. Andi Pratama mengatakan:

    Saya sangat kecewa telah datang ke ‘plantera fruit paradise’kenapa? Ya! trnyata hanya publikasinya aja digede2in tanpa diimbangi dgn kualitas dan isi kebun.katanya bs panen durian montong tiap hari..?tapi mana !?bgitu kami dtg ke sana..yg ada cuman pohonnya tok..

  6. Rakhmi-Pekalongan mengatakan:

    Minta tolong rute ke plantera jika dari arah Pekalongan, jika datang bulan mei ini di Plantera lagi musim buah apa, rencananya mau ke ke sana tgl 21 mei 2009, jika rombongan biaya masuk berpa, mohon dibalas segera.trims.

  7. Amie-Pekalongan mengatakan:

    Bulan Mei ini lagi musim buah apa? Kalo dari Pekalongan mau ke Plantera rutenya gimana?ada discount untuk rombongan anak sekolah ndak? Mohon dibalas ya.Thanks.

  8. Amie-Pekalongan mengatakan:

    Bulan Mei ada discount untuk rombongan anak sekolah ndak?Rute dari Pekalongan ke Plantera gimana?Biaya masuk per orang atao rombongan.thanks.

  9. eddy mengatakan:

    apikkk tenan booossss

  10. Isroli mengatakan:

    Akhiur seeptembers/d awal Oktober jenis buah apa yang sedang berbuah? Apa yang bisa dipetik?

  11. Subchan mengatakan:

    Kebun bagus, akan tetapi bulan ini tak ada durian yang berbuah.Ketika masuk dengan tiket paradise berapa HTMnya?Fasilitas apa yang dapat dinikmati. Terima kasih.

  12. mei mengatakan:

    kapan masanya pedtik buah/ masa pohon berbuah please di jawab ya… soale klo mau ksna tp as ndak musim buah kan juga percuma to. terima kasih sebelumnya

  13. reza mengatakan:

    mau tanya nih harga total tiket nya berapa per orang?
    awal bulan november ada buah durian tidak?

  14. reza mengatakan:

    hari sabtu ini tanggal 31 oktober ada buah duriannya g neh? sms aja ga pake lama… 08562802292

  15. eko nurtiyono mengatakan:

    asyik banget dapat kliling2 kebun dPLANTERA. trimakasih bwt pak Budhi Darmawan dan karyawan yang telah menjelaskan semuanya dari awal sampai akhir.

    maju terus Pertanian..

    (eko murtiyono, Fakultas Pertanian UKSW)

  16. atik mengatakan:

    di ngebruk boleh makan buah gratis ditempat gak?mohon balas ya…klo nggak, harga buahnya berapa-an?terimakasih

  17. rekli mengatakan:

    kapan musim durian lagi, pengen kesana lagi. salam buat mbak april (guide yg ramah) hehehe…….

  18. wenda mengatakan:

    tolong dong kasih rute yang jelas klo perlu peta menuju kesana dari arah semarang? thnx
    andai aku dateng ke sana bulan des awal lagi musim apa ya?
    o ya, tiket masuk tanpa guide brapa ya? tlg kirim balasan ke email saya trsebut di ats
    lam

    wen

  19. heru mengatakan:

    Pak kalau kesana akir tahun dapat menikmati buah apa? Ada penginapan untuk rombongan keluarga tidak?

  20. kenzie mengatakan:

    Minggu ini(2) Bulan desember 2009, durian montong sudah masak?Ketika saya ingin masuk dengan tiket paradise, fasilitas apa yang akan saya dapat? Mohon di jawab terima kasih.

    • dewi mengatakan:

      akhir bulan desember saya rencana mau ke sana, lagi panen buah apa ya? ada penginapannya ga? tlg minta rute dari arah magelang

  21. Eka mengatakan:

    Dari arah Pekalongan rutenya bgmn? Ada koordinat GPS-nya?
    Akhir bulan Des ini ada panen apa?
    Tks

  22. Laila mengatakan:

    Plantera sangat co2k utk rekreasi dgn keluarga…duriannya sangat nikmat…trimakasih plantera.

  23. wawan mengatakan:

    Kalo naik umum dari arah Pekalongan bagaimana ya ?
    Saya mau menanyakan untuk bibit durian monthong berapa harganya?
    terima kasih

  24. setyawan mengatakan:

    Minggu lalu pas saya ksana kecele , ternyata jam 15.00 dah tutup lho kebonnya, Minggu ini tak coba kesana dech , moga2 pas musim panen durian

  25. bayu mengatakan:

    apa biaya masuk uda termasuk semuanya?(termasuk makan buah sepuasnya?)

  26. rendra mengatakan:

    wah menambah pilihan temapt wisata di kendal,,apalagi itu satu jalur dengan curug sewu……………….sayang curug sewu kurang promosi padahal amdalan kendal..gimana nih dinas pariwisata kendal

  27. wahyu mengatakan:

    kendal emang banyak tempat wisata,,bagus2 lagi sebut aja gua kiskenda, air panas gonoharjo,pantai sendang sikucing, air terjun curug sewu, agrowisata ngebruk,,,,,,,,,,,sayang kurang penggrapan dan promosi ke luar daerah…………bikin dong paket2 wisata kendal bia kendal makin di kenal

  28. winarno mengatakan:

    wah sangat mengesankan,wisata dengan melihat pohon yang sedang durian.klengkeng,srikaya.buah naga…cocok utuk wisata keluarga…

  29. agus p mengatakan:

    aku tiap hari lewat plantera semakin sejuk dan ramai, karena kerjaku di semarang rumahku sukorejo

  30. ubaid dipo mengatakan:

    kami keluarga besar SMK DIPONEGORO Kota Pekalongan (Kompetensi Keahlian) Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura rencana Prakerin di Plantera Fruits Paradise Kebun Ngebruk Patean Kendal.
    Gelombang I tgl 5 April s/d 5 Mei 2010
    Gelombang II tgl 5 Mei s/d 29 Mei 2010

  31. HASBI mengatakan:

    saya sudah berkunjung ke plantera, saya senang, di seboro sadang kebumen juga sedang dikembangkan kebun buah bantuan obor tani dan ibu wagub jateng. semoga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nantinya dapat sebagai kawasan wisata buah. sukses selalu.

  32. Lanang Sukasmin mengatakan:

    Bulan ini musim buah apa?

  33. […] juga sudah tah rasanya, sungguh segar dan enak ternyata. Semenjak kakak ku bekerja di agrowisata PLANTERA FRUIT PARADISE di daerah Kendal, setiap pulang pasti membawa oleh-oleh buah. Salah satunya buah naga. Semenjak itu […]

  34. anggara py mengatakan:

    saya rencana mau berkunjung ke plantera tapi sbelumnya saya mau ke kebun teh pagilaran….kalo seandainya dari kebu teh pagilaran ke plantera berapa jam ya???
    sebaiknya lewat mana?
    ap ad diskon untuk romvongan?
    ad RM terdekat gk dari plantera,,kalo ad minta cp dunk?
    blz lwt sms aj…087839150971

  35. Sekar mengatakan:

    Saya mau tanya brp harga tiket masuk utk rombongan berjumlah sekitar 50 org.
    Awal bln Oktober kira2 di plantera sedang musim buah apa saja?
    Bagaimana cara pemesanan tiketnya?
    Terima kasih

  36. joko prasetyo mengatakan:

    Selain ke kebun buah,jarak 5 km,ada air terjun curug sewu (seribu),dengan fasilitas kolam renang,kebun binatang mini.& hari minggu ada live musik.dan yang tak kalah menarik pemandangan dari atas tebing sambil memberi makan puluhan monyet liar yg jinak.

  37. Joko Prasetyo mengatakan:

    Sedikit tambahan,jarak 7 km ada wisata air terjun curug sewu.dengan fasilitas kolam renang,kebun binatang mini,penginapan.&yang paling menarik melihan pemandangan dari atas tebing sambil ngasih makan monyet liar yang jinak dari hutan wisata.

  38. […] terbesar saya adalah saya ingin membuat perkebunan pribadi di persawahan dekat rumah saya. Seperti Plantera yang dekat dengan daerah saya. Rencananya itu, tanaman yang akan saya kembangkan di perkebunan […]

  39. Ika mengatakan:

    Bln desember ini durian berbuah tdk ya?buah apa aja yg berbuah?tiket masuk brp kalo bis besar,skitar 50an orang?trims

  40. marsidi mengatakan:

    mohon infonya tentang rute smg n tanda masuk perorang brapa?? n info harga buah dijual per kilo brap???? makasih

  41. petty mengatakan:

    saya di jakarta, kalo dari jakarta naik kereta menuju semarang, sampai stasiun semarang, perkebunannya masih jauh gak ya? dari stasiun naik apa ke sana? kira2 berapa lama? bulan yg paling baik untuk ke sana, bulan apa ya? thanx.

  42. gombing mengatakan:

    sabtu, 8 jan 2011, sy sempat ke kebun ngebruk lewat kota kendal. cukup jauh juga kalo diakses lewat kendal n jalanan berliku naik turun. tapi mengasyikan….. syangnya pada waktu itu buah klengkeng itoh yang bisa di panen, lainnya belum. namun di restro bisa minum kelapa muda pandan wangi (kalo gak salah lho). .. cukup bagus juga sebagai alternatif tempat wisata, adakah rencana untuk membuat bungalow??

  43. kunsaptono mengatakan:

    bulan febuari /maret ada buah yang panen ndak?
    ada penginapan untuk peserta ?

  44. rana mengatakan:

    bagussssssssssssssssssssssss

  45. suntettt mengatakan:

    hebat sekali pariwisata yang bisa menambah keaneragaman wisata di indonesia
    sipppppppppppppppp

  46. ella safitry mengatakan:

    inshaallah tgl 10 ini saya mau berkunjung ketempat ini,tolong infokan buah apa yang siap panen,dan ada tempat mainan untuk anak anak tida,terimakasih.

  47. tantri mengatakan:

    visi dan misi dr plantera fruit paradise tu ap,,
    mohon jawabannya

  48. tha mengatakan:

    mintta visi dan misi pendirian agrowisata plantera fruit paradise y,,
    makasih

  49. andy mengatakan:

    bulan september siap panen apa aja?? Trus minta info harga tiap buah ya

  50. Dedi mengatakan:

    November – Februari Kemungkinan Durian/Rambutan/Kelengkeng yg akan muncul. sirkaya/buh naga dan buah2 yg lain ada di toko buah. Menurut Informasi, untuk makan durian sepuasnya kalau sudah berbuah, biayannya sekitar 150.000/Orang.

  51. yusuf mengatakan:

    bisa minta alamat lengkap serta nomor telepone yang dapat dihubungi?
    terimakasih

  52. Lestari mengatakan:

    Kira2 bulan ini buah apa yg bisa dipanen? Kalo datang hanya berdua gimana? Harga tiket per ☺яåπԍ berapa? Lalu jalur yg mudah dilewati dari arah semarang lewat mana selain jalan yg banyak lubangnya itu?mohon dibalas segera

  53. jagawana mengatakan:

    halloo kang admin .. balas dung tuhh pada koment parah niehh

  54. samingun mengatakan:

    kegeden publikasi isinya 0000000000000BEsarrrr……

  55. sultan mengatakan:

    banyak komen tapi gak ada tanggapan
    rute dari arah pekalongan mohon dijelaskan untuk mencapai lokasi

    • fadlol mengatakan:

      setelah masuk kota Semarang (4 km) berhenti di Pasar Jerakah (IAIN Walisongo) dan belok kanan arah selatan jalur Semarang Boja. Terus lurus perjalanan sekitar satu jam ke arah Boja, terus sampai pertigaan Singorojo terus belok kanan (barat) menuju arah Sukorejo …. 300 meter nyamapek deh …. moga manfaat info ini buat Om Sultan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: