BETERNAK KELINCI

Bagi penggemar kelinci diwilayah Semarang dan sekitarnya mungkin sudah taka sing dengan daerah Bandungan, Sumowono dan Limbangan. Daerah segitiga centra penghasil kelinci bibit unggul yang telah bertahun-tahun menyuplai kebutuhan kelinci hias maupun pedaging keberbagai daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Daerah lereng gunung Ungaran tersebut memang cocok untuk beternak kelinci karena berhawa sejuk.

Sebut saja nama Tugimin Kelinci, warga desa Serang Tambaksari Rt. 01 Rw. II Limbangan Boja ini menggantungkan hidupnya dari beternak sekaligus menjual kelinci. Dari hasil ternak dan jualan tersebut mampu menopang kehidupan sehari-hari.

Saat “kru Tumbuh” datang ke kandang pak Tugimin yang berjarak sekitar 1 km dari rumahnya, sungguh sangat kagum dengan kecantikan dan keindahan berbagai kelinci yang ada. Kandang tertata rapi memanjang di area kebun.

Menurut pak Tugimin, kelinci harus dirawat dengan baik dan nyaman. Kandang harus bersih. Diantara kandang yang berjajar terlihat rumput dan sisasisa kubis yang dijemur dihamparan terpal.

“Makanan harus dilayukan dulu mas.. agar kelinci tidak mencret” demikian kata pak Tugimin sambil mengangkat seekor kelinci jenis angora yang berbulu indah.

Selain beternak, beliau juga rutin mendatangi pasar hewan diseputar Boja, Ambarawa, Bandungan, Kaliwungu bahkan Semarang. Bagi beliau jualan langsung kepasar banyak manfaatnya. Selain mengetahui perkembangan harga pasar, disan juga bias saling tukar informasi dengan sesame peternak, penggemar sampai pembeli.

Ada satu hal yang istimewa yang ada pada beliau. Setiap pembeli yang membeli kelinci pada pak Tugimin, beliau akan memberikan nomor HP untuk konsultasi tentang cara-cara merawat kelinci saat kelinci dirumah. Beliau memang tidak pelit soal informasi dan trik cara memelihara kelinci. Maka tak heran pelanggan yang dating kerumah beliau ataupun yang membeli dipasarpun sangat banyak

Memelihara kelinci memang sangat menggiurkan keuntungannya. Coba lihat…… dengan indukan seharga Rp. 100 ribu sampai Rp. 250 ribu, setahun mampu bunting sampai 5 kali, setiap beranak rata-rata 6-8 ekor. Harga dipeternak perpasangnya umur 3-4 minggu rata-rata untuk kelinci lokal dan Australia sekitar Rp. 30 ribu – Rp. 40 rb, sedang untuk  kelinci angora, rek, lyon antara Rp. 40 ribu sampai  50 ribu. Sedang untuk indukan local dan Australia seharga Rp. 100 ribu sampai Rp. 200 ribu, Sedang jenis  angora, rek, lyon antara Rp. 200 rb sampai 225 ribu.

Kalau dalam satu tahun indukan bias melahirkan minimal 6 ekor kali 5 kelahiran berarti sudah mempunyai anak kelinci sebanyak 30 ekor. Harga rata-rata perpasang Rp. 30 ribu kali 15 pasang, berarti dalam setahun sepasang kelinci bisa menghasilkan uang Rp. 450 ribu, tinggal dikurangi dana untuk pakan. Karena pakan di desa dengan kota tentunya berbeda.

Nah bila anda tertarik…… tentunya tidak hanya sepasang kelinci yang kita ternakkan, minimal mempunyai 10 pasang baru terasa hasilnya. Namun bila hanya sekedar hobi…. Maka cukup sepasang sampai tiga pasang sudah mampu menghilangkan penat seharian setelah bekerja dengan memandang dan bermain dengan kelincia anda. Atau bias juga anda hadiahkan bagi teman, kerabat atau putra putrid anda yang masih kecil. Bagi yang berminat untuk memelihara kelinci bias konsultasi pada alamat dibawah ini :

Pak Tugimin. Alamat di desa Serang Tambaksari Rt.01 Rw. 3 Limbangan Boja Nomor telphon 082133164432. Selamat mencoba

About these ads

13 Balasan ke BETERNAK KELINCI

  1. risca agustin mengatakan:

    iiih kelinci nya lucu sekaliiiiiiiiii….
    aku juga pnya klnci tapi wrna nya putih mata nya merah

  2. dealer pulsa mengatakan:

    daging kelinci dipercaya menambah sel darah putih

  3. rindhy uga ranthy mengatakan:

    pngen bnget mlihara klinci tp blum dpat izin dari bonyok….

  4. edysabila mengatakan:

    terima kasih atas infnya sekitar kelinci di bpk tugimin semarang,mg sukses sll kapan2 saya tak main

  5. Ragay coeroegs mengatakan:

    Pak gmn cara mencari bibit anakan yg bagus???
    Bagai mana ciri2nya??
    bulunya,matanya,telinganya, badanya dll.
    harus yg bagaimana yg bgus itu??

    • lan mengatakan:

      bulu bersih ga gimbal ga da kutu(liat dket2 coz ktuna kecil bgt), mata terbuka lebar cerah bersih, telinga tegak keduanya(kec lop) ga da kotoran kuning di dalemnya, badan penuh dengan daging, tulang ga nonjol, kulit ga korengan, anus bersih, eena padet n bulet2 lonjong, warna eena item, lincah sllu waspada dll

  6. Ragay coeroegs mengatakan:

    Pak gmn cara mencari bibit anakan yg bagus???
    Bagai mana ciri2nya??
    bulunya,matanya,telinganya, badanya dll.
    harus yg bagaimana yg bgus itu??
    Trimakasih

  7. teguh mengatakan:

    perlakuan apa yang harus dilakukan agar pejantan selalu bergairah untuk mengawini induk betina..??
    terima kasih

  8. Purnomo mengatakan:

    Mkcih ni bsa nambah pengalaman q, sbnarny q jg hobi tentang bternak..

  9. grosir kelinci mengatakan:

    numpang iklan grosir kelinci

    bagi yang membutuhkan anakan kelinci newzealand /australia kami menyediakannya. harga 14000 / ekor min order 100ekor harga di kandang. lokasi kandang di cimahi bandung. untuk yang berminat bisa hubungi 087722644246.boleh melihat lihat ke peternakan kami

    thx

  10. mebel ukiran jepara mengatakan:

    mantap pak..bgmna klu klinci tsbt d liarkan

  11. bintang senja mengatakan:

    tolong di share tips beternak kelinci dan mekanisme penjualannya donk pak..

  12. Cak heri mengatakan:

    Mau gan minta anterin daging kelincinya harga terbaru skrg brapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: