BERBURU KANTONG SEMAR DI RIMBA KOTA

Biasanya penggemar tanaman langka akan rela naik gunung ataupun masuk rawa-rawa demi tanaman yang diinginkannya. Ketika Tumbuh” pada akhir tahun 2006 yang lalu ingin melihat tanaman Kantong Semar liar yang tumbuh di Gunung Slamet, tidak hanya materi saja yang harus dikeluarkan. Namun juga tenaga dan tubuh fit menjadi prasarat utama.

Namun jangan heran ketika tren kantong semar mulai buming. Saat ini di kota-kota besar justru tanaman ini mudah diburu. Mulai harga ribuan sampai jutaan ada. Ngga percaya?

Kantong semar seharga Rp. 5000.

Hari Minggu bagi warga kota Semarang adalah hari santai. Coba Anda silahkan mampir ke Simpanglima yang berada di jantung kota. Mulai adzan subuh sampai sekitar jam 09.00 disana akan ada kegiatan yang luar biasa. Yaitu pasar terkomplit diseluruh kota. Mulai dari makanan, mainan anak, binatang, elektronik, kredit sepeda motor dan lain sebagainya. Tak ketinggalan tentunya tanaman hias ala kaki lima. Eiiit jangan menganggap enteng tanaman kaki lima di kota Semarang ini. Ternyata kalau beruntung anda bisa menemukan tanaman kesayangan anda ini. Contohnya, ketika kru Tumbuh mencari tanaman kantong semar, wow … sungguh diluar dugaan, disana juga tersedia cukup lumayan banyak. Ada dua jenis kantong semar yang ditawarkan. Yaitu jenis Nephentus Andriani dan Gymnamphora. Selain itu masih ada beberapa jenis yang lain yang tentunya penjualnya sendiri juga tidak tahu apa jenis kantong semar tersebut.

Padai Menawar

Bagi anda yang ingin membelinya, tentu harus hati-hati, karena kantong semar yang dijual kebanyakan adalah hasil cabutan langsung dari hutan-hutan di Jawa Tengah, seperti dari Gunung Slamet, Merapi, Ungaran, Tawangmangu dan daerah lain. Andapun dituntut panda menawar. Rata-rata harga satu ikat Kantong semar (terdiri sekitar 5 pohon) yang tertanam dalam pot dihargai Rp. 5000 – 10.000. Tentunya setelah membeli tanaman harus disesuaikan dengan kondisi alam terlebih dahulu. Misalnya ditaruh didaerah lembap (sekitar kamar mandi, kubangan air dll). kalau tidak dijamin bakal mati kering.

Ok. silakan anda datang sendiri di Simpanglima Semarang di hari Minggu pagi. 

22 Balasan ke BERBURU KANTONG SEMAR DI RIMBA KOTA

  1. rsherbal mengatakan:

    bang, ada stok kantong semar ?
    ada yang mau beli nih ? berapa harga ? tks.

  2. Sutjito Hadi Sudarmo mengatakan:

    Memang baguslah kita mencintai tanaman, termasuk saya.
    Sekarang berburunya di hutan kota, lantas di habitatnya bagaimana ?
    Marilah kita pikirkan dan lindungilah daerah habitat tanaman yang kita sayangi, kalau kita ambilin kan jadi gundul, nah kalau terjadi longsor plus kekeringan siapa yang disalahkan ?
    Kantong semar memang berkatong dan mengantongi sumber mata air…ingat kan !
    Dia numbuh ditempat lembab dan dia melembabkan.
    Biasanya yang sadar 1 : yang lupa 1 000.

  3. sofwani mengatakan:

    mohon informasi khasiat tanaman hias selain obat stress misalnya untuk obat lebih dilengkapi

  4. Bang jo mengatakan:

    Woi…. org2 ada yang tau tempat penjualan kantong semar di Jogya ga ?????

    Makasih Informasinye>>

  5. b0cah mengatakan:

    mohon ijin memuat salah satu foto di situs anda, kepada situs kami, trims

  6. rahmat mengatakan:

    oh ya mas aku juga punya nich… klo mau pesan kirim aja email ke rahmat_hayden69@yahoo.co.id harga nya mulai dari Rp 50000 sampai Rp 150000
    oh ya terimakasih atas semuua nya…

  7. dave mengatakan:

    buat penggemar kantong semar t4 ini lumayan bagus juga bisa buat berburu gak perlu nyari jauh-jauh blusuk an ke hutan tapi yang siap-siap doku banyak aja kali ya…

  8. salim mengatakan:

    dasr tangan tangan jahil….
    kalian gk tau kalou kantung semar tuh tumbuhan yang langka ternyata kelanggkaan tsb di karnakan pencurian tanaman tsb ……waduuuuhhh kalo aku ci bakalan marah abizz2an

  9. Izza mengatakan:

    Ceharuzh’nea kanthong Semhar tdhak d.juwall . . .
    Karenha dphetdh ngakibat.indh Kanthong Semhar cemakin cullyttdh d.daphetdh.indh .
    .
    Ckrhank kanthong Chemhar cucah bheuddh d.cary’nea . . .
    Krnha kanthong cemhar meruphakan tumbuhan langka eanx hayuz d.lindungi d.cagar alam .

  10. latifa mengatakan:

    jangan dicuri dongkan kasihan apa lgi tu tumbuhan langka,kelangkaan itu gara-gara dicurisih jadi jangan dicuri ya…….,kalau dicuri akan mendapat denda yg besar dan masuk penjara lho……….

  11. LATIFA mengatakan:

    janganlah km mencuri tumbuhan langka,agar semua tumbuhan langka bisa kita lestarikan bersama ok….

  12. Jeanne Flora mengatakan:

    Kita kan tidak boleh mengambil flora langka. Itu kan tidak baik. Semakin lama tumbuhan akan cepat habis dan punah bila trus diburu seprti itu. Padahal tumbuhan itu banyak manfaatnya lhoooo…!!!

  13. indah mengatakan:

    wah bagus banget itu.Q udah dari SMA kepengen punya kantong semar tp g’ dikasih ama guru biologiku

  14. indah mengatakan:

    bagus banget itu Q ja kepengen px tp g bisa

  15. indah mengatakan:

    bagus banget

  16. siska mengatakan:

    waw…………………………
    itu hrz di lestarikan ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    biar g’ punah

  17. hairul candra mengatakan:

    bagi anda yang butuh bunga kantong semar dapat menghubungi saya via email

  18. pakde mengatakan:

    kalo mau kantong semar hasil budidaya : biji, setekan, kuljar gabung aja di http://www.tanamanbuas.proborads.com

  19. Molisan Tono mengatakan:

    ada yf tertarik kantung semar liar di BATAM? habitatnya masih asli, butuh fotonya? kirim alamat email anda… kontak saya di 081270197926….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: