MEMELIHARA KUCING

Imut dan lucu, senang diajak bermain dan menggemaskan. Namun waspadalah, dibalik itu semua ada penyakit yang mengikutinya.

Bagi anak-anak mempunyai seekor kucing adalah hal yang paling menyenangkan. Apalagi bila kucing tersebut dalam taraf anak sampai remaja. Kucing terlihat bersih, imut dan lucu. Selain bisa diajak bercanda kucing muda juga terlihat lincah. Berlari, melompat dan mengejar benda yang kita berikan merupakan hal yang menyenangkan.

kucing_tumbuh-01.jpg

Namun memelihara kucing juga perlu kecermatan. Selain untuk menjaga kesehatan kita dari serbuan penyakit yang dibawa oleh kucing, juga untuk menjaga kucing itu sendiri supaya sehat pula.

Memelihara kucing memang mudah dan tidak memerlukan hal-hal khusus, bahkan bagi yang memelihara kucing lokal, tak akan ada masalah dengan makanan maupun perawatan khusus. Yang justru perlu diperhatikan adalah menjaga kesehatan dan kebersihan pada kucing.

Untuk kucing lokal ada beberapa trik yang perlu diperhatikan.

Yang harus dilakukan

  • Usahakan agar anak kucing minum susu dari induknya secara teratur.
  • Setelah mulai makan, berikan makanan dengan makanan keseharian, Kucing lokal biasa makan makanan dari campuran nasi dan ikan laut, juga tersedia makanan padat yang dapat dibeli di supermarket maupun toko hewan.
  • Sediakan dan biasakan buang kotoran diluar rumah berupa tanah pasir.
  • Biasakan dan latih kemampuan sosialiasi dengan manusia maupun hewan lain.

Perlu diketahui pada usia muda anak kucing mulai tertarik & bermain dengan benda yang ada disekitarnya. Berlari dan memanjat merupakan sarana latihan untuk mempertahankan diri, maka anda perlu waspada terhadap benda-benda yang mungkin bisa terjatuh karena aktifitasnya. Pada saat itu kuku kukunya sudah mulai tumbuh untuk Mencakar/menggaruk . Namun demikian bila kita sudah mengenalnya maka gigitan maupun cakarannya terhadap orang disekelilingnya hanya bersifat bercanda. Naluri membunuh saat itu belum muncul sepenuhnya. Hal yang dianggap baru dan dilihatnya menjadi perhatian tersendiri.

Perubahan

pada usia menginjak remaja semua gigi susu telah muncul. Suhu tubuh mulai dapat dikontrol dan dipertahankan. Bahkan mulai bisa membersihkan diri sendiri dengan cara menjilati bulunya.

Pada saat bermain dengan anak-anak harus diawasi, karena cakar dan giginya mulai berbahaya.
Sosialisasi dengan kucing lain juga mulai terbentuk.

Toxoplasmosis

Perlu diwaspadai, karena kucing dan binatang sebangsanya, seperti kucing hutan, harimau kalau tidak dapat menjaga kebersihan juga bisa menimbulkan penyakit texoplasmosis. Penyakit ini sangat ditakuti oleh para wanita. Mengingat penyakit ini bisa menyebabkan keguguran bahkan kemandulan atau selalu keguguran bila mengandung. Penyakit Toxoplasmosis ditularkan kepada manusia dengan cara lewat makanan maupun minuman yang tertular atau tercemar toxoplasama, memakan yang berasal dari daging yang mengandung parasit toxopalsma yang tidak dimasak sampai matang. Bahkan penularan juga bisa melalui transfusi darah dan infeksi penyakit yang ditularkan melalui placenta bayi dalam kandungan bagi ibu saat mengandung.

About these ads

36 Balasan ke MEMELIHARA KUCING

  1. Abiq mengatakan:

    Di Beringin Putih banyak sekali kucing pak. Ndak usah dipelihara, sudah berkembang biak. Bahkan populasinya sudah mendekati ratusan. Satu kucing aja setiap tahun bisa beranak lima hingga sepuluh.

  2. anita mengatakan:

    Salut, aku juga suka kucing dari kecil & skarang kucingnya sdh j jadi part of my life

  3. Ara mengatakan:

    saya mempunyai seekor anak kucing yang terpisah dari ibunya. tapi saya sering memaksa dia untuk meminum susu yg di beli di supermarket. apakah bileh???

    dan pada suatu hari, sedang kucing saya lagi membuan air kecil, ( pipis ) saya tertelan air kencingnya tersebut, kerana sebaik sahaja dia pipis, dia terus berlari ke arah saya.
    apakah saya akan menghidap TOXOPLAMOSIS? tolong yah~ saya ingin tahu dengan lebih lanjut lagi. Terima Kasih

  4. Aldy mengatakan:

    aku baru nemu anak kucing liar, keliatannya baru dibuang. trus dia suka buang air sembarangan di kamar kosku. gimana caranya biasain dia buang air di luar?dengan cara kasar atau lembut?apa perlu disediakan tempat khusus? terus terang baru kali ini aku pelihara kucing…mohon tanggapannya.thanks.

    • mbie mengatakan:

      kl menurut pngalaman saya mas,biasanya kucing yang masih suka pipis sembaranagn,coba beliin pasir di petshop,,setiap kucing itu terlihat mau pipis,langsung saja angkat dan taruh ke pasir itu,pasti lama-lama kucing itu terbiasa ko,,

  5. ahmad mengatakan:

    saya baru menemukan seekor kucing hutan,tp saya tdak tau cra memeliharanya.sampai saat ini cukup saya beri susu aja 3x sehari,karena sampai saat ini tdak mau makan.yg saya tanyakan?makananya apa,trus memeliharanya bagaimana.karena kucing itu ditinggal induknya.sekian terimakasih.

  6. pipit0855@yahoo.co.id mengatakan:

    Kucingku paling pinter..kalo sahur aku slalu dibangunin

  7. putri mengatakan:

    Q suka banget ma kucing terutama kucing angora. tapi karna aq masih 12 tahun jadi mama bilang jangan dulu karna bulunya sangat berbahaya. aq mau nanya nich? kalau mau pelihara kucing apa aja sih yang harus disediakan? tolong dijawab. makasih…….

    putri

    imuetttttttttt

  8. Najwa mengatakan:

    Pernah satu kali kucing aku jatuh sakit.Sakitnya lain,kucing aku macam mabuk.Tapi enga lama kemudian kucing ku pulih semula.Kucing aku jenis manx kalo dipanggil orang barat.

  9. lisa mengatakan:

    Ada yang mau adopsi kucing lokal ga? umur 1 th.kucingnya sehat dan bagus2, kalau ada yang berminat tolong hubungi di clarissa.timoti@gmail.com

  10. Lina mengatakan:

    Mw nanya dungs,kucing saya dah 2hari ini tidak mw mkn dan minum, krjaannya hanya tidur dan jongkok seolah2 mw pipis!Kucing sy ini br az nglahirin anak 2minggu yg lalu,krn dia skt jdnya dia ga mw ngurus anaknya,jgnkan menyusui,bwt mendkti anaknya az dia ogah..
    Sy bingung sbnrnya dia skt apa??Mohon jwbnnya.
    Trims..

  11. emmy mengatakan:

    aq punya 2 ekor kucing lokal….kalu buang air selalu di kamar mandi, sudah dibiasain dari kecil sih…..

  12. eva kusuma mengatakan:

    ni aq lg mo memelihara kucing anggora…seneng banget sih tapi masih bingung, kira-kira apa aja yang perlu kita siapin buat meliharanya yang benar? thanks be4..

  13. Wirasto S. Karim mengatakan:

    Saya dari kecil udah suka kucing :) Bagus nih bahasannya. Thank’s

  14. Ratna mengatakan:

    Dlu aq pnya kucing yg pinter bgt,sampe2 kadang klo BAB tu di WC.tapi sayang,dia sdh mati krn sakit.ketika dia mati,aq merasa sedih bgt,n nangis trs bla ingat dia,krn dia kucing yg lucu n lincah,apalagi klo pagi aq dibangunin.pokoknya sdih bgt deh kehilangn dia….

  15. Nisa Puspa mengatakan:

    saya punya kucing lokal yang masih kecil,betina,gimana caranya ya supaya ntar kucingnya enggak beranak.., saya pinginnya punya satu kucing aja sih.. makasih sebelumnya..

  16. dena mengatakan:

    aku sering tuh nemu anak kucing yang masih bayi ditinggalin ma induknya. gimana cara peliharanya ya??? boleh gak dikasih susu sapi?? soalnya yang udah2 selang 1 minggu anak kucingnya pada mati.. T_T

    • dinda mengatakan:

      ada jg tmen tuch den trus pemilik kucingny itu ngasih kucing susu anaknya trs stelah beberapa hari gk mati2 aku heran…

  17. Ariel mengatakan:

    kan saya nemu kucing kecil,matanya masih menutup. kira kira berapa lama dia basa melihat dan makan sendiri?. trus kalo dia suka miaow miaow itu tandanya apa?.

  18. tito mengatakan:

    bagaimana caranya biar kucing liar bisa buang air besar atau buang air kecil di kamar mandi. thanks

  19. wahid mengatakan:

    mo numpang nanya ne…
    ak puny kucing hutan 2 ekor umur sekitar 2 bln.
    yg jd masalah adl pe skr k2 kucing itu cmn bisa minum susu itupun msi didotin,
    gmn cr agr mereka bs makan minum ndri, bis ksian klo pe gede cmn minum susu tok.
    ksi masukan ya…please..
    thanks before..

  20. rav mengatakan:

    aku baru nemu anak kucing liar, keliatannya baru dibuang. trus dia suka buang air sembarangan di kamar kosku. gimana caranya biasain dia buang air di luar?dengan cara kasar atau lembut?apa perlu disediakan tempat khusus? terus terang baru kali ini aku pelihara kucing…mohon tanggapannya.thanks.

  21. bella ray vierrania mengatakan:

    saya dari kecil sangat hobby dengan kucing lucu,walaupun kucing cewe/cowo . . . :D

  22. dinda mengatakan:

    ada kucing masuk rumah saya trus saya rawat gmn sih cara merawat kucing biasa ke kucing anggora?

  23. yunita mengatakan:

    ehmmmm..
    lucu,lucu,lucu….
    tp sayang…
    meyh kucingq udh kembali pdNya.. :-(

  24. nadhir mengatakan:

    hai….. saya ada seekor kucing namanya belang dia comel sangat tapi ayah dan ibu saya tak suka kucing. tapi saya suka kucing dia lucu . hahahaha …. itu saja yang saya nak cerita baybaybay……>,.<

  25. HernitAjeng mengatakan:

    kalo kucingnya sakit n ga mau mkn , dikasih air gula hangat sebagai ganti asupan makanan (harus per jam karna ga ada masukan energy apapun)
    kucingku juga sering sakit , muntah terooooss T__T
    dapet tips dari dokter dikasih air gula , aku coba alhamdulillah sembuh ^^
    love oren ~

  26. Sisilia mengatakan:

    Saya juga pernah punya kucing namanya ‘Kecil’ lokal tri color yg di sterilkan supaya gx hamil..
    Dekat banget ama saya,bersih,mandiri,penurut,dan pastinya POP N PEE pasti di WC dididik mommy dr kecil..
    Gara” mkn racun tikus tetangga badannya kurus,kering,kotor beberapa hr diapun meninggal..gx gmn obatinnya!
    Sedih bgtz uda ikut gw 10taon T.T
    Skrg pgn ubah kucing peliharaan yg lain kek ‘Kecil’ susah bgtz..

  27. Sisilia mengatakan:

    Gimana caranya supaya kucing gx nangkap n makan tikus y?kn sumber toxoplasma jg y?tolong d jawab Miss..
    Thx’s :-)

  28. Se imuet. ,. . . mengatakan:

    Aku mau nNya’ ne
    bagai mana cara agar kucing kita jina’k me kita?

  29. putri mengatakan:

    kenapa y aku punya kucing tapi g nurut trus berisik

  30. ganesa mengatakan:

    dirumah q ada kucing itu tiap mkan diruang dapur tapi gak mau nrut. gimana tu

  31. Rizky Erqzi Arihyoshi mengatakan:

    aduh semoga ini afektif gan karna kucing ku ini masih kecil..
    jadi dia masih lugu biar jangan sebarang pop dia hehehe mekasii y gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: