MENGATASI ADENIUM BUSUK

TIP MENGATASI BUSUK AKAR DAN BONGGOL PADA ADENIUM

Awas …! Hati-hati bagi pemilik adenium pada saat ini. Hujan yang terus menerus bisa merusak tanaman anda. Hujan memang berkah bagi umat manusia. Karena dengan hujan tanaman akan bersemai dan tanah menjadi subur. Namun juga harus waspada dan hati-hati bagi pemilik tanaman gurun, seperti adenium dan sejenisnya.adenium-busuk-akar.jpgCoba kita tengok dan amati adenium kita, bila daun banyak menguning, rontok dan batang terlihat layu, kemungkinan tanaman kita mengalami busuk akar hingga bonggol. Perlu diwaspadai, tanaman adenium memang rentan terhadap air. Saat ini hujun turun dengan curah yang sangat tinggi. Bila media tanam basah dan terlalu banyak menyimpan air yang berlebihan, kemungkinan tanaman kita akan menjadi busuk. Bila adenium anda mengalami hal tersebut, busuk akar sampai bonggol, jangan buru-buru dibuang. Masih ada jalan keluar. Bahkan bila anda merawatnya dengan benar dan jeli, kemungkinan adenium anda akan mempunyai bentuk yang artistik dan lebih indah. Dibawah ini adalh tip merawat adenium yang mengalami pembusukan akar hingga bonggol.

Langkah-langkah menangani adenium busuk akar dan bonggol

  • Cabut adenium dari potnya.
  • Bersihkan dari tanah/ media yang menempel pada akar/ bonggol dengan cara dicuci pada air yang mengalir.
  • Potong dengan pisau tajam/ cutter bonggol yang membusuk hingga hilang secara keseluruhan akar dan batang yang membusuk (bonggol busuk biasanya berair lebih banyak, warna kusam hingga hitam). Bila ada celup larutan fungisida.
  • Keringkan dengan cara digantung hingga terkena sinar matahari penuh 2 hingga 4 hari sampai bekas sayatan menjadi kering dan mengeras.
  • Raba bagian bekas sayatan/ potongan hingga terasa keras, kering dan tidak mengeluarkanair  lagi
  • Tanam kembali pada media kering sampai 2 hari ditempat teduh
  • Setelah 2-4 hari siram media tanam dengan air secukupnya (jangan berlebihan)
  • Tempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara tak langsung (missal ; dibawah paranet, teras rumah.

Pasca Penanaman Kembali

Setelah tanaman ditanam kembali jangan bingung bila adenium akan rontok daunnya. Bahkan kadang hanpir seluruh daun akan menguning dan rontok. Kadang juga akan muncul bunga pada ujung batang. Hal itu biasa.Penyiraman hanya bersifat memancing metabolisme. Pada saat tersebut tanaman sedang pada masa penyesuaian dan pemulihan. Jadi jangan berlebihan air. Bila tunas-tunas baru telah muncul, berarti tanaman anda telah siap untuk ditempatkan kembali pada area yang bisa langsung terkena sinar matahari penuh. Semoga tip ini bermanfaat.

10 Balasan ke MENGATASI ADENIUM BUSUK

  1. hidayat mengatakan:

    Saya punya masalah yaitu adenium yang membusuk pada pangkal akarnya pertanyaanya pada ukuran diameter berapa minimal sebuah batang yang membusuk sudah tidak dapat ditolong lagi, kalau membusuknya saya potong batang sudah kehilangan akarnya, apa mungkin tumbuh lagi walau saya melakukan perawatan seperti yang dijelaskan diatas,. pertanyaan kedua bagaimana mengetahui bakalan adenium yang berwarna putih/merah ketika umur masih 1 atau 2 bulan mengingat pedagang dipameran tidak selalu orang yang jujur. sekian terima kasih….

  2. dol kempul mengatakan:

    Pada dasarnya adenium mudah ditanam dengan cara di stek. Jadi meskipun dipotong sampai akar maupun bonggol, bila pangkal tempat dipotong sudah kering bisa ditanam kembali.

    Untuk mengetahui warna adenium di usia 1-2 bulan sangat sulit, kecuali penangkarnya, karena telah mengetahui biji yang dihasilkan dari bibit bunga warna apa.

  3. Popy mengatakan:

    Setelah saya baca tulisan di atas, masalah yang saya hadapi hampir mirip. Bonggol adenium yang saya miliki agak gembur/lembek. Tapi daun gak masalah. Daunnnya tetap segar. Apakah saya juga harus memotong bonggolnya. Terima kasih atas infonya.

  4. edijoeyh mengatakan:

    TERIMAKASIH TIPNYA, SY CINTA ADENIUM TP KRG MODAL, JD HANYA PUNYA 1 MACAM WARNA ITUPUN PEMBERIAN TEMAN-TEMAN BAIKKU,

  5. yan mengatakan:

    cuma mo bagi tips, sebelum pembusukan terjadi, lakukan langkah-langkah berikut:

    -adenium setidaknya terkena sinar matahari langsung di atas jam 9 pagi sampai jam 5 sore (8 jam). jika sebelumnya adnium anda sering di tempat teduh, jangan langsung di bawa ketempat sinar matahari langsung, hal ini dapat menyebabkan adenium menjadi kisut, dan akhirnya pada pembusukan akar. lakukan perpindahan yang bertahap, misalnya pertama kena sinar 5 jam, berikutnya 6 jam, dan seterusnya…

    -jangan terlalu banyak menggunakan pupuk yang terbuat dari bahan kimia, karena akar adenium sangat sensitif, gunakan pupuk kandang seperti pupuk sapi. (gratis tapi ga gratisan alias ga murahan)

    -sirami pada jam 5 sore keatas, karena jika pagi hari, air yang menempel pada tanaman adenium akan panas, karena daun adenium sangat sensitif sekali. lakukan penyiraman jika media tanaman benar-benar kering. jangan sampai kebanjiran. yang penting media tanamnya basah…

    -sebaiknya adenium ditaruh di tempat terbuka dan berangin, bisa di atas atap, he he he… hal ini dapat mengatasi kerepotan kita pada saat musim hujan. jika kehujanan, angin akan membantu adenium untuk cepat kering

    semoga bisa membantu, mungkin ada tambahan dari teman2 yang lain…
    terima kasih

  6. HELZA RAJAZA mengatakan:

    bung….. gimana untuk menjadikan bonggol yang mempunyai bentuk yang indah dengan bonggol besar. Apa bibit sangat berpengarug????
    Apa bisa jenis lokal dibesarkan bonggolnya. Apa pemerian mitcin (penyedap rasa bisa untuk merangsang pertumbuhan daun???
    Thank.s

  7. Emirgarden mengatakan:

    Artikel dan tips yang sangat membantu, mohon sharing untuk blog kami. Salam kenal buat penggemar tanaman hias di Indonesia

  8. delia mengatakan:

    hai…adenium aq busuknya kira2 75%,trus udah aq buang busuknya.di ptong pke cuter.tpa blum gnap sminggu di ptong,Adeniumnya udah lebih parah.Smkin loyo dan menguning.Apkah adniumnya bkal hidup lg atow dibuang aja??
    tp syg klo dibuang bonggolnya udah terlanjur besar.

  9. wahyu ramadhan mengatakan:

    Bg mau tnya obat yg digunakan utk menyambung adenium jenis apa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: