CARA MEMELIHARA ANAK AYAM KAMPUNG

anak ayam-2CARA MEMELIHARA ANAK AYAM KAMPUNG

Menambah penghasilan sampingan buat keluarga 

Ayam kampung saat lebaran seperti ini bak emas yang diburu setiap keluarga. Karena sudah lazim dinegeri ini,  lebaran akan terasa hambar bila tidak ada hidangan opor ayam sebagai pendamping ketupat dan lontong. Maka jangan heran bila saat ini seekor ayam jago yang besar bisa mencapai harga sampai Rp. 150.000. Hal ini karena permintaan yang banyak sementara ketersediaan ayam kampung terbatas.

anak_ayamApakah anda tidak tertarik untuk menernakkan sendiri ayam kampung ?. Yah hitung-hitung buat persaiapan lebaran mendatang dan sekaligus agar sisa-sisa makanan kita tidak terbuang sia-sia  karena masih bisa dimanfaatkan untuk pakan ayam-ayam kita tersebut.

Untuk tulisan kali sengaja kami suguhkan Trik dan cara memelihara anak ayam kampung secara sederhana.

Untuk persiapan belilah indukan ayam yang sehat dan berbadan bongsor. Minimal persiapkan dua ekor ayam betina dan seekor pejantan. Bila disekitar anda sudah banyak tetangga yang memelihara ayam, anda tidak memerlukan ayam pejantan. Kecuali bila menginginkan peranakan yang akan menetas nanti adalah ayam dengan bibit yang unggul, maka mutlak harus dipih selain betina unggul juga pejantan yang unggul dalam arti sehat, masih muda, berbulu mengkilap bagus dan bersih dan terakhir berbadan bongsor.

Setelah melalui proses kawin, bertelur dan menetas ada dua cara yang bisa dipilih, anak ayam diliarkan dan dibiarkan diasuh oleh induknya dengan pakan ala kadarnya dari sisa-sisa dapur kita dan selanjutnya induk ayam akan mengajak anak-anaknya mencari makan disekitar kita, atau kita pelihara dengan cara memisahkan dari induknya.

Dengan memisahkan dari induknya akan mendapat hasil yang lebih cepat. Karena induk ayam tidak harus mengasuh sampai berbulan-bulan.

Induk ayam akan segera kawin dan bertelur kembali dan tentunya akan segera menetas kembali.

Dibawah ini adalah cara-cara beternak dengan cara memisahkan anaka ayam dari induknya yang kami anjurkan dengan harapan hasil yang diperoleh akan lebih maksimal disbanding diliarkan.

 

anak ayamPERSIAPAN

Setelah anak ayam menetas, biarkan induknya mengerami sampai berumur 4 – 6 hari atau induk ayam mengajak keluar dari tarangan/ tempat mengeram , karena masa-masa ini anak ayam sangat rentan mati.

Pisahkan anak ayam dari induknya. Ambil anak ayam dan masukkan ke dalam kandang secara hati-hati agar tidak terjadi cidera pada kaki ayam

KANDANG

Kandang anak ayam terbuat dari kotak kayu. Untuk ­+ 10 ekor anak ayam buatlah kandang ukuran +  1 m2. Kandang harus mempunyai lobang sirkulasi udara, agar saat siang hari sirkulasi udara bisa keluar masuk secara sempurna.

Pada alas kandang baik pula bila dikasih berambut (kulit padi) atau serutan kayu yang agak halus. Beri penutup agar tidak kehujanan. Usahakan agar kandang dalam keadaan kering dan bersih serta udara lancer keluar masuk.

Lubang sirkulasi udara harus lancar. Usahakan agar lubang-lubang tersebut tidak terlalu lebar dan aman tidak dimasuki predator seperti kucing, garangan, luwak tikus dan sebagainya

Sebagai penghangat tubuh pada malam hari agar anak ayam tidak mati kedinginan, mutlak disediakan penghangat berupa lampu 40 – 60W didalam kandang. Dengan adanya lampu tersebut, anak ayam akan mencari sendiri tempat yang paling nyaman dan hangat sesuai kebutuhan.

PAKAN

Makanan anak ayam pada minggu-minggu pertama adalah pakan jenis awal / permulaan  yang dapat dibeli toko-toko makanan ayam. Bila anda kesulitan mencarinya, anda bisa membeli makanan ayam di toko makanan burung berupa makanan jadi/ voor untuk anak ayam (biasanya penjual sudah tahu). Makan tersebut harus terjamin kesediaanya sampai anak ayam berusia 1-2 bulan.

Sediakan makanan  dibeberapa tempat, agar ayam bisa makan sewaktu-waktu tanpa berebutan. Usahakan makanan tidak terlalu penuh dalam satu wadah untuk menghindari diacak-acak dan tidak terinjak-injak. Ketersediaan air juga sangat penting. Untuk satu kandang cukup sediakan 1-2 tempat yang bisa dibeli di toko penjual makanan ayam atau burung.

Cek keadaan anak ayam setiap saat agar tidak mati karena kurang nyaman. Biasanya kalau tempat kurang nyaman atau lapar anak ayam akan menciak keras dan tak beraturan. Cek kelembaban kandang, kepanasan atau kedinginan, makanan, ataupun sirkulasi udara, apakah sudah nyaman atau belum. Bila anak ayam tenang dan bersuara / menciak dengan suara yang beraturan pertanda anak ayam nyaman dalam kandang.
Get subscribers//

BuyBlogReviews.com

About these ads

179 Balasan ke CARA MEMELIHARA ANAK AYAM KAMPUNG

  1. erwin mengatakan:

    Thans buat tips nya…
    selamat mencoba

    • nurrahman mengatakan:

      NURRAHMAN.CIREBON
      082128625224.

      aku punya ternak ayam kampung tp masih tahap pembelajaran.tlng pa ajarin aku ilmunya biar ternak aku bisa maju.mksh.

      • menurut saya y..setelah anak ayam menetes semuanya….segera pisahkan dengan ibunya..tapi ingat jangan sepengetahuan ibunya….kalau dipisahkan udah agak lama kemungkinan anak ayam tidak bisa diam…berilah lampu listrik agar anak ayam merasa hangat…kasih kandang yang kecil jangan terlalu besar,,,sesuaikan dengan ukuran ayam…berilah minum setiap hari jangan sampai kosong + vitamin…..dan kalo bisa mah kasih makanan kering agar pertumbuhan anak ayam cepat besar…ingat jangan di taruh dibawah pakan ayam..sebab anak ayam kalo udah lumayan besar akan berlari lari kemana mana takutnya tumpah …..gunakan lah pakan ayam yang di sediakan di atas..yang telah disediakan…dan jangan terlalu atas sebab kalau terlalu atas leher anak ayam akan kaku dan susah bergerah……setelah dewasa besar pisahkan ayam betina dan jantan…..jangan dulu di kawinkan..tunggu aja sudah benar benar dewasa…agar bibit nya nanti lebih bagus…………………….mungkin itu dari saya …semoga bermapaat..

  2. bagong mengatakan:

    kalo pelihara ayam kampus bagaimana pak?

  3. Injerbder mengatakan:

    I really enjoyed reading your blogpost, keep on creating such exciting articles!

  4. shodiq mengatakan:

    kami ingin program yang 7 minggu panen. ingin tau campuran makanan,dan ukuran makan,berapa/ berapa makananya.
    Dan saya ingin tanya, saya kalau dapat ayam tembean kok gak tahan lama/mati.gimana supaya gak mati.
    SAYA MOHON SUPAYA DIBALAS.

    • Mulyatim mengatakan:

      Sebaiknya telur dari induk ayam tembean jangan ditetaskan, biasa memanga anak ayam dari induk yg masih tembehan agak lambat pertumbuhannya dan daya tahan fisiknya kurang kuat.
      Trim semoga bermanfaat

  5. Aly mengatakan:

    Penyakit apa yg rentan untk anak ayam yg br menetas. Tlg bls ke email sy.mksih byk

  6. ivan mengatakan:

    oke banget, trims… majulah indonesia…

  7. nurhayati mengatakan:

    oke…
    aku or bru yang mau beternak ayam kira2 berapa modal awal yang hrz sy keluarkan

  8. abdulrakhman mengatakan:

    bagus usaha sampingan nih!tapi kira2 untuk pemula seperti saya pertama tama apa yang harus d lakukan untuk memulai usaha ini dan modal awalnya berapa?

  9. Gondosuli mengatakan:

    Pak,saya skrg lg memelihara 2 ekor ayam kmpung,betina semua.Alhamdulillah skrg sdh brtelur & mengeram.Dan sekrg saya mau mengembang biakan nya. Pertanyaan saya,bgmana pengembang biakan yg baik,n skrg saya msh biarkan liar ayam saya tsb..! Thank

  10. terimakasih atas info nya sobat;
    salam kenal dan salam sejahtra ya..
    saya juga termasuk penggemar peternakan ayam….

    walaupun saya di bidang peternakan ayam Grand parent/GP, GGP di cobb.. akan tetapi saya juga termasuk pengemar ayam kampung..

    salam

  11. Teguh Utomo mengatakan:

    makasih banget infonya,saya dah mulai beternak ayam kampung.ini sebagai usaha sampingan saya.Sekali lgi makasih ya infonya

  12. yusuf mengatakan:

    kalau membuat makan pengganti voor bisa gak?
    pengaruh pada beratnya gak?

    • kirno mengatakan:

      bisa mas yusuf seperti yang pernah saya coba bulanbulan ini dengan cara pakai ampas tahu bekatul dan jagung giling tapi difermentasi jarak si\ekitar sebulan pertumbuhanya hampir sama dengan kita menggunakan voor…..itu yang sementara sayathu silaklan mencoba

      • dyka mengatakan:

        bagaimana cara fermentasinya?jagung dengan katul dicampur atau sendiri sendiri lalu menggunakan obat apa?bagaimana perbandingan komposisinya…thanks

  13. samsul mengatakan:

    bagiku cukup memuaskan.harus yg lebih detael lagi

  14. fato mengatakan:

    thanks pak ,,,
    say amau nyoba ah…tp kalau menghindari penyakitnya gimana????/

  15. peribadi widodo mengatakan:

    ada nggak detil model kandang ayam yang baik untuk memlihara ayam kampung.

  16. setiawanwidodo mengatakan:

    makasih atas informasinya, terus diperbaharui, kami slslu mengikuti perkembangannya

  17. mas ikin mengatakan:

    mas masa panen untuk itu berapa bulan ya?

  18. Harts mengatakan:

    saya ingin membali ayam negri harga nego jika berminat hubungi saya di 087871425293/soangares@yahoo.com

    serang banten

  19. juanda mengatakan:

    pak.sy Mau blajar bternak aym kmpng.kira2 bgus d plihara dh dri induk .ato bli docny dlu.trus u kndng per mtr2 bsa muat brp ekr y…Tungg BlasannY D EMAIL

  20. mas jarwoto mengatakan:

    Saya punya doc ayam kampung super dlm jumlah besar 8minggu panen,siapa minat hub:Jarwoto.08122769958

  21. Joko mengatakan:

    Maaf Numpang jualan ya pak,yg butuh DOC ayam kampung,ayam kampung super &ayam arab hubungi 0812 100 10 917.hasil panen di beli lagi.trm ksh

  22. aji surya mengatakan:

    contoh kandang nya kok g ada gambarnya ya???

  23. supono mengatakan:

    ma,af pak joko alamatnya dimana karena saya tertarik dengan jawa super apalagi mau beli lagi diberialamat yang jelas ya trims dan salam kenal

  24. Jabon mengatakan:

    ibu saya di kampung memelihara ayam kaya gini ..
    di kampung saya bnyak ayam kampung …

  25. Boim mengatakan:

    P’joko alamat dimana???

  26. Robbianto mengatakan:

    Syukur alhamdulillah sy sedang mengembangkan ayam arab yg hasilnya sangat lumayan. thanks allah.

  27. fatur akong mengatakan:

    bgus tuh cranya,

  28. titus budiyanto mengatakan:

    menetaskan telor ayam kampung lebih efektif memakai mesin tetas. ketika telor itu berproses di mesin tetas,induk ayam mulai kawin dan bertelor. nah bilamana mesin tetas penuh, induk ayam bisa mengeram telor sembari menunggu mesin tetas kosong. setelah menetas lebih baik dipisahkan dari induknya, agar anak ayam cepat mandiri dan sang induk kawin lagi terus bertelor lagi. menggiurkan memang perkembangan ayam kampung, namun harga ppakan jagung tidak kalah menggiurkan. terimakasih artikel di atas sungguh inspiratif

  29. dika mengatakan:

    saya baru memulai usaha ayam kampung, tapi sari 12 telur hanya 8 ekor yang menetas,, trus yang 2 dimakan hewan buas,, harus bagai mana ia pak????
    sekarang sisa’y tinggal 6, tapi betina yang satu lagi sedang mengerami telur 13 buah, bagaimana supoaya ke 13 telur tersebut menetas,, tolong d jawab ia pak????
    plis

  30. kunci sukses bisnis mengatakan:

    wah kayaknya bagus juga usaha ternak ayam kampung :D

  31. Hamdani mengatakan:

    Makasih banyak, artikel ini sangat berguna untuk anak saya. semoga mendapat pahala

  32. julius mengatakan:

    ayam saya berusia 3 minggu,terkena penyakit.gejala nya ialah kurang nafsu makan dan terlihat seperti ayam ngantuk.
    yang mau saya tanyakn disini ialah bagaimana cara mengatsi penyakit tersebut serta apa nama obat yang bisa saya berikan.

    • pawang ayam mengatakan:

      kalau ayam anda kena penyakit seperti yang anda informasikan, sebaiknya dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
      1. jelaskan kepada ayam anda bahwa makan itu sangat baik untuk kesehatan terutama bagi pertumbuhan. jelaskan efek yang terjadi jika ayam tidak mau makan.
      2. nasihati ayam anda agar jangan tidur terlalu malam, apalgi begadang yang sia-sia. sebab dengan begadang itu bisa menyebabkan ngantuk di siang hari sehingga tidak bisa beraktivitas sebagaimana layaknya ayam…
      selamat mencoba semoga sukses
      sukses ternak!

  33. bendrik mengatakan:

    maaf mas….. saya pengen anda lebih mendetail lagi pembahasannya… jangan cuma sampe umur 1-2 bulan ajah…. kalo bisa sampe siap jual….
    makasih…

  34. ismail pamudji mengatakan:

    teori ama prakteknya beda….

  35. ismail pamudji mengatakan:

    minta infonya dong mas, kalo ada anak ayam kampung yang sudah ada bulunya. harganya berapa? 081213424581 . soalnya saya beli umur 3-5 hari masih butuh pengawasan tinggi. susah juga miara anak ayam

  36. jamal mengatakan:

    ok indonesia akan maju bila rakyatnya berpikir, tong hayang wae jadi PNS ngaririweh nagara.

  37. andimahyudi mengatakan:

    thanks tuk tipsnya
    smoga saya dpat melaksanakan tips ne….

  38. Rusan mengatakan:

    Bpk/Ibu Yth.

    Saya punya sedikit kendala , bahwa tempat saya adalah di daerah yang suhu nya kalo sdh menjelang malam bisa mencapai 17 derajat Celcius, Bagaimana untuk mengatasi hal tersebut, padahal saya ingin sekali beternak Ayam Kampung untuk menambah pendapatan sehari-hari kita.
    mohon diberikan jalan keluarnya.Terimakasih atas bantuannya.

    hormat Rusan alamat saya Di Cisarua berdekatan dengan Taman Safari Cisarua Bogor.

  39. dibyo mengatakan:

    aku baru baca tp klu bertrnak ayam kampung bagaimana cara meminimalisir biar anak ayam tdk mnati ok trims

  40. yasir10 mengatakan:

    bagaimana caranya agar anak ayam tdak mudau ditumbuhi tumor..

  41. iwan stg mengatakan:

    tipa ini semoga berhasil

  42. devi mengatakan:

    apa makanan ayam cuma makanan jadi kalaw sesekali di beri makanan sisa nasi bekas gamana apa boleh.

  43. Ricardo mengatakan:

    Thanks atas masukannya.
    Saya jadi tertarik mau mencoba beternak ayam yg baik untuk dibuat sebagai penghasilan hidup.Tolong donk gan dibuat lebih detail lagi.Agar sebagai pemula saya tidak salah dalam menjalakannya.Thanks ya gan.ditunggu info selanjutnya

  44. evan mengatakan:

    makasih atas cara2nya pak,insya Alloh akan saya coba semoga berhasil.

  45. teguh harimarwanto mengatakan:

    pak saya mau tanya, bagai mana cara membuat pakan ayam sendiri, sbg penganti voor

  46. kornelius krismanto mengatakan:

    terima kasih tip nya

  47. donald chicken mengatakan:

    salam hangat buat para peternak ayam..
    saya juga seorang pemula..
    saya pengen tahu langkah2 yg harus dilakukan dari ayam itu menetas sampai pada panen (siap jual).
    tolong digubris ya pak…
    thanx….

  48. Aris Bwi mengatakan:

    Saya pemula
    dan saya mohon bantuanya bagaimana cara membuat pakan ayam kampong sendiri yg bisa memenuhi kebutuhan gizi ayam tsbt..dan idealnya ukuran kandangnya berapa? Tlg dong krm ke email saya
    boyjatim@gmail.com
    terimakasih..blognya ok bgt.

  49. dealer pulsa mengatakan:

    wah ini artikel bagus untuk peternak pemula

  50. kirno mengatakan:

    saya mencoba menggeluti ayam bangkok bulan2 ini,tapi setelah ayam bertelur dan sudah menetas smuua anaka ayam 76 ekor smua pada mati karena kedinginan…karena didaerah saya sekitr jam 4 sore cuaca sudah berkabut…..yang saya ingin tanyakan bagaimnana caranya agar anak ayam yg baru
    netes bisa hidup sehat makasi………

    • sangpiki mengatakan:

      gini mas kirno, dengan sedikit pengalaman saya dalam memisah anak ayam di cuaca dingin:
      1. tempat jangan terbuka/bisa juga dari kardus yang dilapisi dengan sterefoam dan diberi lampu dengan jarak setinggi badan anak ayam
      2. minuman air hangat yang diberi gula/marimas.
      3. selamat mencoba.

  51. kirno mengatakan:

    tolong jawabanay dialamat ini kirnoghana@yahoo.com

  52. panuju mengatakan:

    WWWWWWWahhhhh oookkkkkkkke bangettt niehhhhhhhhh aku ikut nyoba ah

  53. iyan mengatakan:

    pak berapa kali dalam sehari pemberian pakan dan berapa ukuran dalam satu kali pemberian pakan

  54. hairi mengatakan:

    jika mau ayam kalian cepat berhasil dan cepat bertelor ,,kawinin aja sendiri..2-4X dlm sehari.selamat mencoba

  55. Chokky mengatakan:

    Mantaf . . .

  56. Sabarudin jaya mengatakan:

    Sebenarnya saya lg berduka,
    ayam Saya 1 kandang tewas smua,
    matinya ya tdk skaligus, tp dlm jgka waktu 2 mgg tws smua (57 ekor) yg ngeram jg matek.
    dikarenakan sakit flu, hidungnya meler n ngorok.
    Skt nya sore, bsk pg dah mati.
    Kok bisa ya….?
    Sy jd males miara lg.

  57. retjza mengatakan:

    Gmana
    Caranya Mengetahui Telor Ayam Yg Kira Kira kalo di tetaskn bisa menetas dan yg gk bsa menetas, jga gmana ea, cara ngbuwat Alat Yg bwat menetaskn telur ayam Kmpung Yg sderhana Yg pke listrik ,
    Yg Untuk bisa menampung 100 butir telur Ayam
    Kampung ,
    ditgu Blsanya http://facebook.com/retjza
    thanks

  58. SURANTA mengatakan:

    AKU AKAN BERUSAHA

  59. Ibrahim sengang mengatakan:

    saya mau nanya kira2 modal awal untuk pelihara ayam kampung itu berpa ? saya pengen sekli jadi peternak ayam kampung yang sukses.,

  60. Cemanitegal mengatakan:

    Saya toyo dari Tegal-jateng barangkali ada yg butuh ayam cemani hub saya di 085786317022.

  61. brigita Kristyaningrum mengatakan:

    apa efek yang ditimbulkan kalo anaka ayam kampung kandangnya dajadikan 1 dengan anak ayam kampung super???tolong di balas lewat email saya..mksih

  62. novi dwi mengatakan:

    saya pemula ingin belajar ternak ayam,g mana caranya agar saya dapat informasi secara detail beternak ayam jawa…..di sini saya saya dapat informasi tidak sepenuhnya….

  63. erfan hasanie mengatakan:

    Syukron Kastir atas smuanya,,,,,,,
    Semoga bermamfaat bagi yg membaca khususnya bagi yang
    menulis, sekali lagi terima kasih……….
    (erfan kepuh kejayan pasuruan)

  64. siswoyo mengatakan:

    kuduna mah urang lembur teh kabeh miara ayam kampung. pasti indonesia bakal makmur, cerdas, dan tidak ada kasus kurang gizi. tong hayang teuing jadi PNS.

  65. Omar mengatakan:

    kk saya punya anak burung puyuh tuh boleh g dikasih pakan bwt anak ayam????????????

  66. angga-natuna mengatakan:

    ass…………
    sa angga dr kab,natuna mw tanya………….

    kami ingin program yang 7 minggu panen. ingin tau campuran makanan,dan ukuran makan,berapa/ berapa makananya…………
    Gmana
    Caranya Mengetahui Telor Ayam Yg Kira Kira kalo di tetaskn bisa menetas dan yg gk bsa menetas, jga gmana ea, cara ngbuwat Alat Yg bwat menetaskn telur ayam Kmpung Yg sderhana Yg pke listrik ,
    Yg Untuk bisa menampung 100 butir telur Ayam
    Kampung ,

    tolong di balas lewat email saya..mksih

    • anggoro mengatakan:

      pak angga kenalkan sy anggoro di batam dan sy png ngajak kerjasama pemasaran daging aym kampung di natuna krn sy punya byk mitra binaan peternak aym kampung di batam.hp sy 081931181167

  67. Bulan purnama mengatakan:

    Saya jg pingin belajar ternak ayam.
    Bagi2 dong ilmu y.

  68. muhamad ary mengatakan:

    mas gimana caranya nyegahin ayam kampung dari penyakit flu burung…?

    tolong gubris ya mas….
    makasih.

  69. dewanto mengatakan:

    terimakasih…buat saya ini masukan yang bagus….

  70. udin mengatakan:

    Gmana cara mencegah penyakit ngorok pada ayam kampung?

  71. jacky mengatakan:

    wah bagus ni artikelnya.numpang lapaknya pak barangkali ada yg minat juga ternak ayam cemani sy punya banyak stok dari DOC-indukan pak.proses pemeliharaan sama minat hub 081215699698

  72. ancik mengatakan:

    biasanya penyakit apa yang selalu menyerang ayam hususnya ayam kampung. lalu gimana cara pencegahannya.

  73. Om Isyaf mengatakan:

    artikel keren bisa buat usaha kita dirumah
    yachh… itung2 buat tambahan pemasukan ….

  74. mansyur mengatakan:

    mau tanya pak untuk air minumnya biasanya dicampur apa????dan kenapa anak ayam saya sering kali ada yg lahir cacat????

  75. Saktian mengatakan:

    Joko, alamatnya dimana?
    Tlong dksih tw y, butuh doc super, siapa tau qt bsa bermitra. . .

  76. wahyu mengatakan:

    manstab bisa dicoba

  77. Ady Zld mengatakan:

    ok trmksh ats pencerahannya…

  78. ilyas mengatakan:

    tahks tipsnya tolong berikami informasi jenis ayam apa yang tahan terhadap penyakit

  79. ani syarofah mengatakan:

    bagai mana cara menghilangkan kutu ayam

  80. ani syarofah mengatakan:

    bagai mana cara membuat pakan ayam kampung

  81. sams mengatakan:

    bagaimana kalo buat aja paguyuban peternak ayam kampung agar kita g kesulitan dalam menjual hasil panen….?????

  82. fuad mengatakan:

    cra menelurkan ayam kampung gmn ya? Trimz.^_^

  83. Ruri Diyanto mengatakan:

    makasih atas infonya..klo untuk pemasaran d wonogiri apa bisa di bantu

  84. sari mengatakan:

    ]
    oke saya sebagai pemula , mudah2an ini menjadi petunjuk ,tanks yaaaa…..

  85. imam gozali toib mengatakan:

    salam ternak… Sy juga penghobi ternak ayam kampung, tlng jabarkn jenis obat2 n agr ayam cpt pertumbuhanx.

  86. sugeng wid mengatakan:

    Saya baru pertama kali menetaskan anak ayam sisa dari eraman induknya (9 telur) dengan alat penetas darurat, masalahnya bagaimana perawatan selanjutnya setelah menetas? apakah memang anak ayam setelah menetas selama 3/4 hari tanpa makan dan minum, karena biasanya induk akan keluar dari tarangan setelah 3/4 hari

  87. julian mengatakan:

    pak anak ayam saya kog sering ada yg kena pilek ya, kdg bersin, bernafas bunyi… air minum udh diksh vitachik, tetraklor, doxyvet tapi msh saja kena

  88. Kuswanto mengatakan:

    Sy jg bingung pak, gmn cra’y menanggulangi pirus nya.?

  89. menoth mengatakan:

    Hallo, maksih inponya bro.
    Tolong dipost juga pakan alternatip yang murah selain yang sudah ada di mbah GOOGLE.
    Bro mau shar..kalo pake pakan dari pragmentasi jerami kira baik nggak ya buat pakan ayam kampung??? Trims.

  90. Happy puspitasari mengatakan:

    tengkyu infonya pak……
    saya juga lagi beternak ayam kampung skala rumah tangga alias kecil…..
    sebelumnya telurnya saya tetaskan secara alam,sekarang belajar pake mesin tetas bikinan sendiri…..

    hanya saja saya masih butuh info agar ayam kampung ini bisa tahan dan tidak rentan kena penyakit.

    kalo ada info bgmna cara bikin jamu untuk ayam kampung,mohon di-share ya pak.makasih

  91. Andy mengatakan:

    pak, ayam yang saya ternak sudah berumur 2 bulanan lebih suka makan ayam yang lain / kanibal, gimana solusinya?

  92. marissa mengatakan:

    gimana ya cara awal untuk membuat pakan ayam kampung yang diambil dari alam maksyudnya yang gak pake beli??/
    {please beri penjelasan donk”s biar ngerti!!!}

  93. Fitri mengatakan:

    Saya mau tanya, saya baru plihara induk ayam 2 betina dan 1 jago dalam kandang intennsif. Kalo ayamnya dikawinkan apkah harus disediakan kandang sendiri terpisah dari ayam lainnya?

  94. lintang mengatakan:

    tipny bgus, bleh dcoba,,,

  95. siti nurhayati mengatakan:

    pak saya punya anak ayam yg baru menetas kira-kira uurnya 15 hari tapi kakinya kyakga kuat berjalan,kira-kira apa penyebabnya ya pak? minta solusinya dong pak terima kasih…

  96. hamid mengatakan:

    saya ada ternak ayam pejantan
    saya mau tanya
    bagai mana cara penggemukan nya

  97. marthin vivaldhy mengatakan:

    met beraktifitas gan,
    sukses smoga ada untuk kita semua,
    yuk bagiin k gue gan, bagi2 bekal biar idup nih,
    gimana gan tehnik ternak ayam buras.
    thanks 4your advice…..

  98. rnal mengatakan:

    oke, sukses buat peternak

  99. PONIDI mengatakan:

    Pak tolong saya butuh informasi campuran pakan ternak yang bagus untuk ayam kampung (tolong kirim ke email saya ;Ponidiet712@yahoo.co.id

  100. alzy mengatakan:

    kalau ternak kita ada 50 ekor induk ayam berapa biaya yang harus kita keluarkan unt itu,baik itu pakan maupun untuk kesehatannya.tolong di rincikan pak.makasih

  101. Iswan selo mengatakan:

    nanya dikit gan, . . .kalo’ di buatin kandang pake kawat ram apa bisa. gan

  102. Biru mengatakan:

    Halloo penggemar ayam
    khususnya ayam kampung
    I love u ayam

    saya wkt kcil melihara ayam
    ortu saya membelikan kandang skitar 1meter ran panjangnya.
    Krn di rumh sudah ada ayam betina yg menetaskan banyak telur.
    Saya perlihara
    seharian saya lihatin ayam2 itu.
    Tiap hari tak kasih makan lipur 3x sehari
    juga minuman khusus vitamin ayam
    klo minumnya kotor dan habis
    slalu saya ganti
    juga tempat makanan dan kandangnya
    setelah agak gede
    ayamnya tak kasih makan menir(sprti beras kecil)
    setlah dewasa ayamnya tak kasih makanan dedak(kulit padi yg haluskan)di campur nasi di kasih air sedikit
    beberapa bulan kemudian
    ayam saya sehat2 juga banyak
    setelah itu di jual sama pedagang ayam
    Alhamdulillah
    tapi sekarang saya sudah remaja
    saya ingin mengulangi berternak ayam seperti saat saya kecil
    sudah 1 minggu saya memelihara ayam kecil 3 ekor
    yang lain telurnya tidak menetas
    mudah mudahan niat saya jadi hoki
    heee

    ma’af bahasanya kecampur jowo
    hiks hiks

    Terima kasih tipsnya

    • ambar wulan jw's mengatakan:

      hellow….salam kenal, ni,saya pingin diskusi byk sm teman2 smua,khusus membahas masalah peternakan ayam ni,
      tp sy jarang online,
      kalau bersedia berbagi saran n pengalaman,
      sms ambar ya…
      di no ini.
      087749038288.
      mksh byk ya teman2 seperjuangan,,,,

  103. ambar wulan jw's mengatakan:

    mksh byk tuk info’a,
    sy juga mau merintis ni,beternak ayam..
    tp bingung buat kandang’a..
    karena modal’a terbatas,bisa kasih saran cara buat kandang tanpa biaya yg banyak….??????

  104. Jia mengatakan:

    Sy domisili di bogor..klo pesan kira2 brp per pasang nya,trus cabang terdekatnya ada ga gan…makasih.bls ke email sy ya gan.

  105. eko mengatakan:

    mantap uy

  106. mohon bntuan ,sya ini lg memulai ternak ayam dan sya mo tnya gmn cranya pembuatan pakan ayam yg sehat jg biar ayam2’ya cept besar

  107. piheriyadi mengatakan:

    Thanks komentarnya..

  108. comando mengatakan:

    kalo buat ayam kampung yang sudah besar gi mana pak :)

  109. anggoro mengatakan:

    maaf numpang iklan,sy berada di batam dan bagi peternak yg bth doc aym kampung seluruh indonesia bs kontak sy di 081931181167,kwalitas ok dan partai besar,konsultasi 24jam gratis,trims

  110. Ramdani Usep mengatakan:

    Bwt Ambar Wulan cr bikin kandang yang murah palai bambu aja rangkanya pakai papan bekas atapnya pakai asbes bekas atau tripkel bekas yg penting sirkulasi udara keluar ada

  111. Aferyus Lase mengatakan:

    Saya punya rencana beternak ayam kampung. Sekarang saya sedang menyelesaikan kuliah s1, sy kira kuliah itu penting, itu benar! tetapi ujung-ujungnya juga, kuliah itu hanya untuk mendapatkan uang/gaji lebih besar. untuk apa? mending buka usaha !!!.

  112. Hafiid Januar mengatakan:

    Kan anak ayam saya baru netas, anak ayamnya boleh di pisahin sama induknya kaga????

    thanks….

  113. Nugroho mengatakan:

    Makacieh ataz infonya? mudah2 an bermanfaat bagi semua. amien

  114. teguh mengatakan:

    bagaimana supaya ayam jago bangkok berani lagi
    apa bilah abiz di adu

  115. yanto mengatakan:

    bro sy dijkta …
    adakah kawan yang bisa diajak konfermasi lewat darat biar lebih okeeeeee

  116. hidayat mengatakan:

    sy berdomisili dat tertarik utk kutai barat,. sangat tertarik beternak ayam kampung ayam apa ? ayam jenis apa yg baik di ternakan.

  117. ani ramdliyati mengatakan:

    tempat makan anak ayam supaya tidak berantakan,bagaimana caranya?

    • romadhan mengatakan:

      peke piring n kash sedok ma garpu gak brantakan wkwkwkwk…

      1. kalo mo hemat pake bambu tiap ruas biarkan utuh trs di lobangi kaya kentongan di di poskamling ato penjual nasi goreng long sesuaikan ukuran kepala ayam atau kurang lebih 2jari jd cuman kepala ayam aja yang bisa masuk matok makanan jadi makanan gak berantakan

      2. pakai pipa ukuran 2dim potong lurus kira kira2 2 jari abis itu kasih tutup pipa ada ujung ujung nya jangan lupa ksh lobang bisa di solder tato di lobangi dengan paku ato logam yang telah di panaskan untuk di ikan kan di kandang

      3 dapat di beli di breeding (toko2pakan ternak) dari ukuran kecil tangagung ape yang besar ada dr 1 s/d 5kg

      kelebihan pakecara yang kedua mudah di bersihkan jadi pakan ayam dpat di minimalisir dari tercampurnya kotoran dan jamur sehingga ayam lebih sehat sedang kan pake cara yang pertama lebih murah sedangkan yang ketiga lebih praktis

      kekurangan pake cara ke dua leher ayam akan luka jika bekas potongan pada pipa tidak dihaluskan dahulu sedang kan pake cara yang pertama lebih lembab sehingga pakan ayam sering berjamur ketika di bersihkan akan sulit tetapi kalo pakai air akan lama kering kalau tidak betul2 kering 2atao3 hari pakan ayam lakan berjamur dan dapan dipastikan kondisi ayam akan mudah sakit dan ……… sedang kan kalo pake cara yang ketiga pakan akan sering tumpah karna kaitan tempat makan ayam dan tempat pakan kecil sehingga tk kuat waktu di injak2 ato di patok ayam

      pake cara yang mana tresserah anda slamat mencoba……..
      smiga berhasil.
      Rujakcingur007@gmail.com

  118. Ragay coeroegs mengatakan:

    Gmn cara menetaskan telur aym kmpung??
    Baik brupa tempatnya,suhunya trus harus d balik2 ga??
    Saya mhn balasanya.!!
    Thanks!

    • romadhan mengatakan:

      dalam penetasan telur ada 2 cara
      1 cara bantuan manusia (mesintetas)
      2 alami di erami induk ayam

      kalo anda pake cara yang pertama ada 2 kriteria mesin tetas otomatis ato semi otomatis…
      kalo anda peke yang otomatis gausa bolakbalik masukan telur ayam tunggu maksimal 21 hari pasti dah nongol ayamnya. kalo pake yang semi otomatis ya tiap 12jam sekali usahakan telur di balik 180 derajat

      kalo pake cara yang alami ada beberapa trik kalo ayam sudah triak ptok2 mo bertelur

      bahan jerami kalo ada kalaou tidak ada pake lap bekas yang penting tidak berbau minyak baik minyak tanah minyak goreng dll buat sangkar atau tarangan dari jerami atau dari kain lap bekas selanjutnya taruh di tempat yang sejuk tidak terkene matahari langsung dan hujan langsung.taruh 1telur telur dtepat ditarangan yang baru anda buat dekatan ayam yang mau bertelur di sarang yang baru anda buat dan telah di kasih telur pancingan tinggal kan ayam dan dan sangkar yang baru anda buat setelah ayam berteluar anda lihat kalo ayamnya sudah bertelur tepat disarang ambil telur pancingan tp kalo tidak di sarang letakan teur disarang ambil telur pancingan selanjuutnya kalo ayam mo bertelur lagi pasti balik di tempat anda taruh sangkar

      kalau musim penghujan prosentase penetasan semakin besar tetapi kalo musim kemarau prosentase penetasan semakin kecil hal ini dapat di bantu dengan membasahi daerah sekitar sangkar ayam agar lemab nah itu pngalaman saya.

      semoga bermanfaat
      rujakcingur007@gmail.com

  119. purnomo mengatakan:

    klo pertama kali ternak bagus yw anakan dulu.. ap yang dah dewasa?
    modal awal yw berapa ?
    tolog gan bales..lewat email

  120. mas.kalau perawatan anak ayam kampung sama anak ayam aduan berbeda ga…..

  121. Rofiul Misbah mengatakan:

    .thanks banget deh buat mas” yg udh ngasih tau cara merawat ayam kampung yg baik..

  122. nova dwi utomo mengatakan:

    saya pngen sukses dlm berternak tp ayam saya msh kecil2.. berternak ayam bangkok.. cara nya bagai mana ya biar cpt brkembang..kasih makan apa

  123. Ale7412 mengatakan:

    Thanks. Informasinya,.. Ada Yang Ingin Saya Tanyakan Ini Pak.. Apakah Makanan Ayam Setelah Umur 2 Bulan ,masih Tetap Menggunakan Voor. Kemudian Apakah Ada Obat Atau Vitamin Yg Di berikan,supaya Ayam Lebih Bisa Sehat. terima Kasih, mohon Petunjuknya.

  124. Ardi mengatakan:

    Pak sebelumx terimakasih atas infonya yg bermanfa’at & saya ardi u/20 th numpang tanya, saya pemula dlm berternak ayam kampung & sudah memelihara ayam sekitar 100 ekor tp pertumbuhan ayam kog gk bisa sama y paK alias ada yg udah gede & ada yg masih kerdil,, & untuk ayam kampung itu rata2 berapa bulan memelihara sampai dewasa/panen kog pertumbuhanNya kaLah cePat dgn ayam broiler,,
    sebelumnya terimakasih banyak,,

    • Zerry mengatakan:

      Zerry From TL

      pak trima kasih atas infonya, saya udah mencoba memelihara ayam kampung permulaan 1 ekor betina dan saya kawinkan dengan ayam jantan tetanga dan sekarang udah mendekati 50 ekor. tapi yang menjadi pertayaan saya adalah cara memisahkan anak ayam dengan induknya dan makanan yang saya berikan ke anak ayam adalah jagung giling dan di campur dengan parut kelapa. apakah makanan itu tdk mempengaruhi pertumbuhannya?

  125. pak sebelumnya saya mau tanya,aku tegaru/12 th mempunyai ayam 5(broiler) biar nggak mati gimana caranya,sekarang tinggal 2,jawabnya di facebook saya,Tegar Graffiters.terimakasih

  126. agungsubarkah mengatakan:

    Salam Ayam Kampung.kukuyuyukkk……………
    Pak saya mau mulai usaha ternak ayam kampung nich.Usaha nguber2 tegnologi bikin cape Kalah mlulu ma America ,mendingan putar setir kembali ke jawan jadul .he he .
    Saat ini saya sudah pasang pager untuk jaga keamanan ayam saya karena saya rumah nya di pesisihan biasanya hama dari luar cukup banyak jadi saya antisipasi dari sekarang,bikin pagar bambu tingi 2,5 mtr sekelilingnya saya pagar tanpa celah dan untuk setengah meter dari bawah saya kasih plastik limbah dari pabrik bentuknya kaya seng cuman bahan plastik saya pilih bahan tersebut karena harganya murah dan juga karena licin jadi hama2 yang bisa majat sedikit kerepotan.
    oya pak skalian mu tanya bagai mana caranya pencegahan penyakit plu burung .tolong bls ke Email saya .
    sebelumnya saya capkan trimksih..

  127. hapex mengatakan:

    saya punya ayam kecil2.yg saya pelihara tanpa induk.tp kotorannya selalu menempel di bokong[maaf] sampai kering.tdk maw lepas sampai berhari-hari.gimana mengatasinya?

  128. rasan susanto mengatakan:

    helo sob mau tanya klw berternk ayam kampung agar mendptkan hsil yg banyak dgn cr bagai mn tlg jwb ya trimakasih.

  129. Ferdy mengatakan:

    Lebih susah ayam broiler.. Q ikut kemitraan populasi 5ooo ekor… Ayam broiler rawan pxakit… Kl bi2t baik Panen 32 hari dgn bw 1,72kg…

  130. bayu mengatakan:

    mas,.bagaimana agar ayam pliharaan tidak mudah terserang penyakit flu burung,.??

    saya tunggu balesanya…makasih

  131. priselvy mengatakan:

    Beberapa waktu yang sya membri minyak tanah pda kaki ayam,,,, dn skrng klit ketiakx sperti yg melepuh.. apakn akibat dri minyak tnah itu….???? apa kiranya solusi yg bsa sya lakukan….

  132. amirul asnan mengatakan:

    terima kasih sedikit

  133. maulana hadi purwanto mengatakan:

    boleh juga nih , coba coba ngga jadi masalahkan . Peternak= wirausaha .

  134. edy mengatakan:

    saya punya ayam tapi kok ndak tahan gampang mati mas udah d beri vitamin juga mash gampang mati,gimana cara nagatasinya bos dan obat apa yng cocok untuk ayam kampung,mslhnya ayam sy masih kecil udah pada tumbuh kutil,tolong bantuannya mas…,makasih.

  135. L.santoso mengatakan:

    Trimakasih informasinya.

  136. galih n gumilar mengatakan:

    mantap dah bisnisnya

  137. ayu mengatakan:

    q bru nemu anak ayam tk ksh mkan voor kok g mau y? cranya ngasih mkan gmn y? pa di ksh air dlu pa keringan ja?

  138. Ramadhan mengatakan:

    Assalamu’alaikum

    Terimaksh ats info@. Smg trus brkmbag. Mhon tips bternak@ y, ne no hp sy 08566008020

  139. puspita mengatakan:

    assalamualaikum wr wb…sdh lama ngikutin blog ini,baru ngasi komen..trnyata usaha beternak ayam kampung gk hnya jadi usaha sampingan,tp menjanjikan…apalagi panen pas lebaran…sangat menguntungkan…dari pelihara sepasang ayam kampung beranak pinak jadi puluhan ekor….sempat bikin alat tetas,tp gatot…persentase gk sebanyak pas dierami induknya..jd ya mending tetas alami lewat indukan setelah itu baru dipisah…sekian berbagi infonya…salam sukses…

  140. Adit mengatakan:

    om klo memberi vitamin pada anak ayam ithu stiap hri/jarng.?

  141. idraL zuanda.AR mengatakan:

    Ass Wr.Wb
    saya mempunyai anak ayam yg kecil dan sedang tetapi rentan skli terserang penyakit,apa solusi nya mas..??

  142. rissa mengatakan:

    saya butuh DOC ayam jawa super,
    mohon infonya ya
    salam kenal saya risalatus di godong grobogan jawatengah
    no hp saya 081327005945

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: