TIP MEMELIHARA ANAK KELINCI

kelinci_fadlol10.jpgMembeli kelinci kecil memang menyenangkan, selain terlihat imut dan lucu, juga jinak. Bagi sebagian besar anak-anak akan senang bila memperoleh hadiah kelinci kecil tersebut. Tapi ingat … memelihara kelinci kecil gampang gampang susah. Selain suka ngambek makan juga kadang kurang bisa menyesuaikan keadaan dan akibatnya kelinci kecil bisa-bisa mati.

  •  KANDANG harus selalu bersih, sinar matahari bisa langsung masuk, tidak lembab dan usahakan terbuat dari ram-raman yang memungkinkan sirkulasi udara lancer. Baik terbuat dari bambu maupun kawat ram, yang terpenting landasan untuk pijakan dibuat rata (dari papan juga bisa) asal lobang-lobang untuk memungkinkan kotoran bias terus jatuh kebawah.
  • Ukuran kandang di sekat perekor. Minimal ukuran 50 x 50 cm. Buatkan tempat makanan tersendiri agak tinggi agar tidak terinjak-injak. 
  • Bagi kelinci siap beranak siapkan kandang yang lebih luas. Siapkan pula kotak kecil yang diberi rerumputan kering agar hangat dan nyaman untuk persiapan anak kelinci lahir. 
  • MAKANAN bisa dari hijau-hijauan, misalnya : rumput lapangan atau kangkung dan sayur mayur yang lain. Usahakan rumput maupun sayur yang diberikan dalam keadaan layu, kecuali makan sendiri di alam saat dilepas.
  • Jangan dicuci agar kadar air dalam sayuran sangat rendah. Selain makanan tersebut, kelinci juga menyukai ubi jalar maupun pohon, dedak/ bekatul, bungkil kelapa dan sebagainya. Usahakan makanan kelinci tidak satu jenis secara terus menerus. Hal ini akan menyebabkan kelinci manja dan susah makan makanan yang lain. 
  • Pemberian makanan yang tepat sore hari kira-kira mulai jam 18.00 sampai pagi hari jam 07.00. (kelinci biasanya makan sepanjang malam). Siang hari boleh diberikan makanan tambahan secukupnya. 
  • Sediakan tempat makan tersendiri agar tidak terinjak-injak dan terkena kencingnya sendiri. 
  • Usahakan agar kelinci muda tidak secara terus menerus terkena tanah yang becek dan lembab. Sebab akan terkena penyakit gatal (bhs jawa : gudigen) Semoga trik singkat ini akan bermanfaat bagi penggemar kelinci, khusunya pemula.

 BuyBlogReviews.com

About these ads

236 Balasan ke TIP MEMELIHARA ANAK KELINCI

  1. Hermawan mengatakan:

    Terima kasih atas trik yang diberikan. Saya punya kelinci jenis angora yg masih kecil, apakah ada cara khusus untuk memeliharanya dan kenapa kelinci di berikan makanan yg sudah layu atau yg rendah kadar air? Tolong tanggapannya, terimakasih.

    • tica mengatakan:

      syuran/rumput yang sudah layu baik d berikan karena kadar air yang sedikit dan mengurangi getah,
      kadar air yang banyak dapat menyebabkan kelinci kembung dan mencret.
      getah dapat membuat melut kelinci gatal yang menyebabkan tidak nyaman terkadang mengandung racun.

  2. rifqi mengatakan:

    yang paling mudah dan tidak terlalu manja jenis kelinci apa yg baik diternak

  3. fadlol mengatakan:

    hampir semua jenis kelinci yang sudah berada di Indonesia hampir sama perawatannya. Biasanya di daerah Jawa orang lebih banyak memelihara jenis Lokal, Australia dan anggora. Selain mudah didapat juga harganya terjangkau

  4. Ruddy mengatakan:

    ass.bagi penggemar kelinci di jogja dimana saya bisa mendapatkan kelinci2 hias tersebut?mohon informasinya…. atau kirim sms ke 081392074204

  5. bita mengatakan:

    saya sudah hapie serahun memelihara kelinci jenis angora, sejak masih kecil, saya biasakan dia makan makanan kering (dry food) yang biasa di jual di per shop. hasilnya kelinci tetap bersih, tidak dalam keadaan kotor karena terkena air kencingnya yang banyak, selain itu juga ridak menimbulkan bau yang menyengat. kadang saya juga memberi apel yang diiris kecil-kecil sehingga ia mudah mengunyahnya.

  6. Fatah Syukur mengatakan:

    Wah Beringin Putih ternyata sudah mendunia ya. Jauh dari realitas yang sesungguhnya, sebuah perumahan yang terpencil dan penuh keprihatnan. Semoga dengan banyaknya tayangan ini Beringin Putih lebih dikenal bukan karena kejelekannya, tapi hal-hal yang positif aja.
    Pak Fadlol lain kali aku diajari buat blog to. Aku punya banyak naskah, daripada berserakan, lebih baik diopeni, mungkin ada manfaatnya buat pembaca. Thank sampai jumpa

  7. haris semarang mengatakan:

    saya punya kelinci australia anakan 5 ekor. tapi ketika berumur bulan terlihat ada gigi yang tonggos diantara kelinci satu peranakan tersebut. apakah ada cara untuk mencegah penyakit tersebut?

  8. Fia mengatakan:

    Kelinci termasuk hewan coprofagi, artinya dia memakan kotorannya sendiri, hal ini sehubungan dengan perilaku untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Jadi kelinci merupakan hewan yang sangat jarang mengalami gangguan nutrisi, sebab dari tinja yang dimakannya itu juga terserap vitamin yang berupa sianokobalamin, asam pantotenat (atau vitamin B) dsb. Yang penting diperhatikan adalah kebersihan kandangnya, sebab kelinci sangat rentan dengan diare, sehingga perlu untuk menjaga kebersihan kandang.

  9. vika mengatakan:

    Duh vika sedih kelinci kesayangan vika tadi pagi mat… :(( vika ga tau kenapa koq bisa, padahal kemarin segar dan maknnya lahap sekali..kelinci diberi makan buncis baik ga ya???trus klo mencret diberi apa ya??ouw iya emank kelinci gamapng keselek ya?? klo iya gimana ya cara yang bener buat minumin kelinci???

    • zera mengatakan:

      vika,, kalo klinci mencret, lbh baik biarkan dia bristirahat taruh d tmpt yg hangat dan jangan diberi mkn atau minum trlebih dahulu.. nanti juga pulih sndiri =)
      aku brpengalaman, klnci ku prnh mncret jg,tp akhrnya smbuh dgn cara ku,
      aku sdih nih. induk klinci mati huhu gara2 dia kbyakan nyusuin anaknya, jd kurus kering haduh

    • lan mengatakan:

      klo mencret biasanya ane larutin 1/2 kapsul diapet 2sendok air matang plus gula aren secukupnya, kasihin obatnya pake sendok, klo yg baby pake sedotan air mineral..

      • azahrani mengatakan:

        kalo kelinci mencret gak usah susah2 kasih aja laserin 1 sd teh ingat!untuk diatas umur 3 bln

  10. dhinoed mengatakan:

    Terima kasih atas tips nya.
    tetapi kelinci saya saat ini sedang sakit, tidak mau makan.
    sudah saya bawa kedokter hewan disuntik
    tetapi tetap saja kelinci saya itu tidak mau makan.
    tolong jawabannya.
    Terima kasih.

  11. julian mengatakan:

    coba dong diajak maen ke taman ato tempat lapang, kali aja dia kangen dengan kampung halamannya..

  12. asti mengatakan:

    kelinci tongos,kasih jg makanan yang bs mecegah gg tumbuh tll pjg,ex:wortel,pkknya yang agak keras.githuu.peternak yg delivery service ada g?rmhku Rembang Jateng.Minimal bl 5 ekor deh. Giant,loop,rex.tq

  13. Sutjito Hadi Sudarmo mengatakan:

    Dihabitatnya kelinci berumah dalam tanah alias ngerong seperti tikus , ditanah kering/ nuntas tidak berair khususnya daerah rumput alang-alang/ tegalan. Jadi kalau lahan cukup luas bisa dilepasin dalam kebun asal dibikin lobang persembunyian / dalam tanah atau pake semen. Makanannya kalau kebanyakan yg berkadar air tinggi akan mencret , termasuk pemakan sembarang ; aslinya makanannya rumput maupun umbi2 an/ biji2 an tapi rotipun dooooyaaaaaan .

  14. dia mengatakan:

    jenis2 kelinci tu apa aja?

  15. rheena mengatakan:

    kelinci ap c yg palink gampang dplihara?? pernah 2x nyoba tp akirna mati jg,, ap mendingan melihara yg dah dewasa aj?? soal na klo msi kecil kyanya masih rentan gitu,, n knapa ya,, kok kyanya kelinci tuh suka jorok,, klo dilepas maennya ke tempat2 yg kotor,, baru2 ini mati 2 gara2 salah makan,, pas dilepas masuk ke kolong kulkas n mencret2,, mank gara2 mencret bisa mati y??

    • azahrani mengatakan:

      sebetulnya kelinci itu tidak suka kotor,jadi kebersihan harus diperhatikan.kalau mencret dikasih laserin takaran 1 sd teh

      semoga bermanfaat good luck

  16. ben mengatakan:

    untuk yang mau mendapatkan kelinci berbagai jenis usia 1-2 bulan,bisa hub saya di 085691599194

  17. lucky ariyani mengatakan:

    ak sih ga tau ilmu kelinci, tp ak punya kelinci udah ampir 7bln, namanya dita(jantan), dita itu lucu, dibiarkan d dalam rumah,jadi bebas deh,trus, br 1 bln ini gw pindah k semarang, dan gw bw dita, dita itu kelinci tersopan yg gw tau, kalo dia pup (BAB) itu pergi ke WC,dia suka antri lg kalo mau pake kamar mandi,jd tiap ari kel gw bersiin kamar mandi, stlh dia pup.
    abis dia pup, biasanya dia menggoyang-goyangkan pantatnya(maap:)) di handuk bekas di pojok rumah. trus dia suka bgt mkn apa aza,bakso,spageti,dll. tapi kasian bgt biasanya makannya banyak bgt, tp skrg dia susah makan(apa karna panas yah dsemarang),

  18. Dhani mengatakan:

    Kelinci saya kemarin diare. Berhubung saya kalau diare, obatnya minum yakult. Saya coba ke kelinci ku. Dan alhasil hari berikut nya sembuh. Ada yang pernah coba yakult juga ga?

    Dhani

  19. robb mengatakan:

    thanks…..aku baru beli kelinci….hahahah…sekali lg makasih atas tips nya..

  20. dhana mengatakan:

    saya ambil artikel ini buat temen saya yg melihara kelinci ya.. thx^^

  21. ira mengatakan:

    infonya berguna banget karena kebetulan saya baru membeli sepasang anak kelinci *tapi yang satu sudah mati padahal baru tiga hari T_T*

    hmm..kelinci aktifnya malam ya? wah..selama ini saya kasih makannya pagi dan siang, bukan malam ^^;;

  22. jephandaru mengatakan:

    kelinci saya kalau branak slalu mati sebelum dewasa knapa ya

  23. abcd mengatakan:

    to dhepandaru :sampe umur berapa anak kelinci bisa hidup? kelinci anakan dibawah 1bln klo mati karena induknya malas menyusui,klo diatas 2bln karena makanan yg kurang dan jelek

  24. Mad mengatakan:

    yang saya penasaran ampe sekarang gimana sih membedakan kelinci jantan dan betina?

  25. Dheandra mengatakan:

    Mau tanya ni buat sesepuh2 dunia perkelincian,Rumput TIMOTY itu gmna sih bentuknya.ada yg punya gambarnya ga.thanks

  26. galih muhammad hendro mengatakan:

    boleh ngga sih kelinci di mandiin ???

    • azahrani mengatakan:

      boleh,asal diatas 3 bulan cara:siapkan 2 buah bak masing masing diisi air hangat yg krng lbh sekakinya,siapkan sampo kitten atau sampo baby tetapi lebih baik memakai sampo khusus kelinci,siapkan hairdrayer atau pengering untuk hewan,siapkan handuk,siapkan karpet atau tatakan baby,dan siapkan bedak kitten atau baby.
      cara dan tips:masukkan kelinci kedalam bak kesatu,ambil kelinci lalu sampokan.kemudian kelinci dimasukkan kedalam bak kesatu untuk menghilangkan busa,taruh kelinci kedalam bak ke 2 untuk membilasnya,setelah dibilas kelinci dihandukin dan dikeringkan dengan hairdrayer,setelah dikeringkan kelinci di taruh di tatakan bayi kemudian dibedakkin.

      good luck :)

  27. Sayyid mengatakan:

    Trimsny ats trickny, q mw tny nich, kelinci it jg bs pk pellet jg? pellet yg bgs kyk ap sich n dmn? mangny kelinci di ksh air mnm bnyk2 bs skt y?

  28. nindy mengatakan:

    thx ya, tipsny…. aq jadi tau, cara merawat kelinci yang benar……..

  29. Sharleen mengatakan:

    Thanks for your tip ’cause now my bunny is 1year ’cause your tip…

  30. Nana mengatakan:

    Br aja kelinci kecilku mati. Aku terlambat baca tips ini. Bsk mau beli lagi dan menerapkan tips2 ini. Penasaran soalnya. Thanks infonya

  31. ravanza mengatakan:

    mau tanya, apa boleh kelinci dikasih apel, karena waktu saya kasih dia suka tapi akhir akhir ini dia ga mau makan, saya sudah kasih dia wortel, kangkung juga jagung tapi tetap tidak mau, apa karena dia saya kasih apel 2 hari yang lalu atau sakit? menurut teman saya kalau kelinci sakit kasih susu atau teh manis, apa benar ? karen waktu saya kasih dia tetap tidak mau. tolong bantuannya karena saya sedih melihatnya. terima kasih banyak

  32. shell mengatakan:

    saya mau coba pelihara kelinci dutch, untuk rekan2 yang tahu tempat membelinya
    tolong kasih infonya, tapi yg bukan sekedar dutch aja, maksudnya yang kelir hitam dam putihnya jelas gitu loh…… untuk jakarta dan sekitannya ya, sekalian harga sepasangnya… thanks

  33. any depok mengatakan:

    hai… saya baru beli kelinci umurnya 1 bln saya bingung g mau makan yang lain maunya hanya kangkung pdhalkan kangkung g bagus bikin perut kembung saya dah coba kasih mkn pelet wortel toge pt g mau trus.. bagai mana yaaa tolong donk kasih solusinya… kalau klnci 1 bln itu d kasih minum g siii tolong yaaa pertanyaa ku d jawab karna aq takut kelinciku keburu mati. ini aq beli dah yang ke 2Xnya aq takut ter ulang lg

  34. riri mengatakan:

    kelinciku terkena penyakit gatal2, obat apa ya yg tepat?….

  35. any depok mengatakan:

    ALHAMDULILAH… kelinci ku dah mau makan apa aja yg aq ksh senengnya….
    kelinciku ada dua loooo namanya ciko n pussi.
    untuk riri kelinci km skt gatal2 yaaa yang tempat gatal2nya setiap hari pagi dan sore km bersiin dengan air hangat terus km kasih salap 88 trus makan sayurannya seperti kangkung wortel kol km setop dulu… selama 3 hari jadi km kasih makan untuk pagi hari pelet husus kelinci siang hari kamu kasih daun bambu muda dan sore sampai malam km kasih sawi hijau yang untuk mie ayam tuuu. daun bambu muda bagus looo untuk menetralkan pencernaan kelinci.. mudah mudahan km mau trima tip dr aq.. semoga kelinci km cepat sembuh yaaa

  36. dani zidan mengatakan:

    thanks for tipsnya…anaxu jd pengen pelihara kelinci yg imut2 katanya…

  37. Wisnu Djati Prasodjo mengatakan:

    Saya baru beli kelinci. Umurnya mungkin 1 bln an. Namanya Strawberry dan Tiramisu. Panggilannya Beri dan Tira. Beri awalnya lincah. Tp kemarin dia agak mencret. Jadi saya kasih oralit. Takut lemes keabisan air. Kalo Tira awalnya lesu tapi sekarang dah lincah. Aku melihara hari ini dah 1 minggu. Doain yaaa supaya Beri dan Tira panjang umur. Dan bisa kawin dan bisa punya anak. Jadi Beri dan Tira bisa beranak yang lucu lucu. Tapi kelinci bisa hamil umur berapa sih???? 5 bulan dah bisa belum???

  38. QQ mengatakan:

    hai semua..
    bru tdi pagi aku tau klo baby kelinciku hilang satu,padahal pas lucu2 nya baru berumur 1 minggu! aku gk tau knpa! BT dech! cuma kemungkinan diculik sama sang tikus jahat! untuk temen2 yang sedang memelihara baby kelinci, hati2 tuh ma tikus gede! kayanya mereka mengincar2 trus baby kelici kita.
    Salam …

  39. Tri harjanto mengatakan:

    Saya baru mengembangkan ternak kelinci jenis rex di Boyolali, untuk informasi lebih lanjut hub
    Hp : 085725024005
    Email : harlanzz@yahoo.com

  40. v3uk mengatakan:

    Belum lama ini kelinciku mati,sediiih bgt. Namanya CHICHI,msh kecil n lucu bgt. Ak mendapatkan tu kelinci dari pemberian seseorang yg dibeli di pengecer kelinci di depan kmpus uny, tp br tiga hari dah mati. Ak gak tau knp, mgkn krn sring ak ksh sayuran segar (ak telat dpt info kl klinci g boleh diksh sayur segar). Wkt mw mati chichi mencret n kejang2 gt,ak pe nangis gak tega ngliatnya. Ak menyaksikan dgn mata kpla sndri wkt chichi menghembuskan nafas terakhirnya, rasanya suediiiih buanget…ak pe nangis2 semalaman..Ak jd trauma mw pelihara kelinci lg, rsnya msh berdosa bgt dgn chichi.Maafkan ak chichi…T_T

  41. agung bondan mengatakan:

    makasihhhhhhhhhhhhhhhhh???????????/

  42. rizki mengatakan:

    saya beternak kelinci jenis rex, lion, lop, dutch, dan jual anak/induk kelinci di daerah sumedang

  43. alya mengatakan:

    Baru aja 2 hari yg lalu kelinci saya melahirkan. Tp sebel bgt karena ibunya ga mau menyusui.
    Dan lahirnya jg berkala. Pertama 2 anak masih hidup. Kedua 2 anak mati setelah dilahirkan.
    Ketiga 1 anak mati setelah dilahirkan.
    Apa ada cara supaya si induk mau menyusui? Selama si induk ga mau menyusui, sebaiknya makanan apa yg diberikan?
    Apakah susu sapi bisa jd alternatif? Thx

  44. rini mengatakan:

    huuu..huuu kelinci ku si jimmy mati semalem.. n aku liat saat terakhirnya.. sedddiiih bgt.. ampe ga bisa tidur.. tapi msh ada snowy.. mudah2an jangan ngiktuin jejak si jimmy ya.

    Jimmy.. semoga kamu tenang ya di sisi-Nya. amin ya robbal alamin..

  45. rini mengatakan:

    oya kelinci itu boleh dikasih air minum ga siih?? tq

  46. nanda mengatakan:

    untuk v3uk. mungkin memang karena g boleh dikasih sayur segar, tp mungkin jg karena terlambat ksh makan. akibatnya perut jadi kembung, lalu kejang, dan….mati.=( ada tips, kalau kejang, katanya kasih air gula merah secepatnya. itupun klw msh ada yg berani megang. sampe sekarang, aku msh bingung, gmna ksh minumnya???

  47. nanda mengatakan:

    O,ya. aku br beli jg, nih. setelah berpikir selama 3hr. n memutuskan utk mncari syarat2 utama memelihara kelinci. aku sdh bli yg jantan, namanya Cleo, jd yg betina namanya bisa Cleopatra. aku bermaksud memeliharanya 1 minggu dulu, dan klw bs, aku mau beli 1 lg. supaya dia pny tman. tp ak br tau, kelinci itu aktif malam,ya?!

  48. renny rengganis mengatakan:

    hai..

    Saya mempunyai masalah dengan kelinci saya. dia masih kecil dan tidak mau makan2an kering yang saya beli di pet shop. Dia lebih suka makan daun pisang. saya takut memberikan dia makanan sayur sayuran seperti kangkung, wortel etc, takut perutnya tidak kuat. Apakah ada yang bisa memberikan saran untuk saya jika kelinci saya tidak napsu makan makanan kering dari pet shop itu?

  49. Alam Sidharta mengatakan:

    mas.saya ndak punya kelinci. tapi ada gak jenis kelinci yang ukurannya gak bisa gede ato gak terlalu gede???? makasih

  50. vita mengatakan:

    lho kandang yang dari ram-raman pa g bahaya??
    soalnya pernah dulu kelinciq kaki na luka gara_gara pake kandang ram-raman…
    kelinci itu bisa ganti bulu g??

  51. rahdja mengatakan:

    Numpang promosi yaa……….

    Telah buka di kota Pekanbaru
    Sate Kelinci Pak Sugeng Jl.Soebrantas blok.C No 96 parkiran –panam Pekanbaru didepan rama abadi motor, Hp:085265912939/081373822745.
    Rendah Kolestrol dan Insya Allah dapat digunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan atau minimal meredakan penyakit asma, infeksi tenggorokan, liver, dan asam urat. Daging kelinci ternyata mengandung suatu zat yang disebut senyawa kitotefin. Senyawa tersebut apabila digabungkan dengan senyawa lain seperti lemak omega 3 dan 9 disinyalir bisa sebagai penyembuh asma, serta aman di konsumsi buat penderita Jantung, Hipertensi,dan juga bagi yang kelebihan berat badan.
    DIJAMIN HALAL

  52. Icha mengatakan:

    Kelinciqw mati semalem,namanya bun2,dy jenis anggora bru 3 hri aq pelihara,.
    Kmarin dy masih lari2 main sama aq n aq suapin makan jg,trus malemnya aq kasih kangkung d kandangnya eeh pagi2nya dy mencret,trus aq brmaksud brsihin dy dngan air n aq keringin pke hair dryer,dy smpet lincah lg tp sore’y dy langsung lumpuh n kejang2,knpa y?aq gk ksh dy minum krna kta tmenqw sayuran bs jd pngganti minum,.
    Aq nangis smaleman mpe skarang,.
    T_T

    • upri mengatakan:

      kelinci klo masih kecil ga boleh dimandiin…
      mau lo keringin pake hair dryer jg ga bakal bisa..
      daya tahan tubuh nya masih blom kuat..
      harus nya lo biarin aja, jgn di kasih makan dlu,,, atau lo kasih daun pisang klo masih mau makan..

      • rita budiarti mengatakan:

        Ohhhh…jd klo klncix msh kcl nda blh d ksh mndi???hmpir aja baby chi aq mndiin abis gemes bgt sih….thanks ya infox

  53. ricky mengatakan:

    kelinci jenis apa yg ga cpt mati?
    saya pelihara 2 klci
    tpi 1 mati
    1 kaburrr
    capedehh…..

  54. rama mengatakan:

    kelinci tuh ?
    bagus di kasih makan ape ya .

  55. menatry mengatakan:

    saya pingin tanya????bagaimana cara merawat kelinci yang baru lahir???
    apa boleh kelinci di beri makan, makanan manusia????ap bisa di beri makan permen?????atau snack???

  56. Tri harjanto mengatakan:

    UNTUK YANG MEMBUTUHKAN ANAKAN KELINCI REX, ternak kelinci rex di BOYOLALI. hub 085725024005 atau email : harlanzz@yahoo.com

  57. anisa rizki febriani mengatakan:

    kalo kelinci saya gak mau dideketin sama yg cowok truzzz…apa dia hamil?beli nya sih baru 2 bulan yg lalu

  58. LuvAqua mengatakan:

    Saad ak ngtik comment nue, klnci q trsyang, terlucu, terimut, dan termuaaachh lgi mw dipanggil alias dying .
    Ak binund .
    Stress .
    Sediihhh .
    Gag tw hrz gmn .
    Hikz .
    T T

  59. pahpahan mengatakan:

    kalau kelinci yang paling mahal kelinci jenis apa ya namanya?

  60. Inta mengatakan:

    aku cuma punya 1 kandang bolehkah kelinci dicampur dengan marmut apakah mereka bisa berteman ?

  61. Tri Projo Firmansah mengatakan:

    Ass…

    kenapa ya…
    setiap lahir 10 pasti mati 2????

  62. RRj mengatakan:

    Artikelnya bagus. Thanks.

  63. cipto mengatakan:

    terima kasih atas tipsnya, skg saya lebih banyak tau, lalu saya aad pertanyaan, saya punya dua ekor anak kelinci, dan yg satu terserang penyakit, yaitu mengeluarkan lendir dr mulutnya secara terus-menerus lalu seminggu kemudian mati, yg jd pertanyaan saya, 1. apakah penyebabnya? 2. apakah ada obatnya dan bagaiman cara pencegahannya? terima kasih

  64. Dira mengatakan:

    mas, kelinci saya gk mw makan dry food n vitamin
    kelinci saya jga gk lincah

  65. Indri mengatakan:

    Huaa.:’(
    Kelnci q jg br mti kmrn krn kna diare,awlnya emg mncret2,trs sorenya q ksh diapet sdkt,
    Pginy lmes n g bs brgrk sm sx tp msh bs nfs.knp bs gt y?
    Jjr,wkt i2 q bngung.q pkr dy krcunan obt.q ksh su2 mlh kjang2 trs mti dpgkuan pcr q n q cm bs nangs:’(

    • wezt mengatakan:

      Indri dan semua pencinta kelinci, bagi pengalaman nich, klo kelinciku mencret aku kasih diapet dia langsung sembuh. Dosisnya jangan satu kapsul. Hanya seper sempuluhnya saja. Pasti sembuh. Pengalaman udah lebih dari sekali… (^-^)

      I Love bunny

  66. indra mengatakan:

    kok laen ya triknya sama tukang kelincinya, disini boleh d kasih kangkung, klo kt tukang kelincinya jg d kasih kangkung nanti mencret dan mati, soalnya sy jg pernah beli kelinci dan d kasih kangkung mencret2,…. mana yg benar nih….

    • anggia budiarti mengatakan:

      iya aneh juga kenapa kelinci tdk boleh dikasih sayuran, padahal itu kesukaannya, sebelum baca info di internet saya sering kasih kangkung atau sayuran apa saja, kelinciku baik-baik saja. justru kelinciku mati karena stres, dia dikejar anjing terus gemetaran stres berhari2 tdk mau makan dan mati deh.

  67. Youle mengatakan:

    Gmn cara na melihat kelinci yg sakit? tanda2 na..

  68. andhika mengatakan:

    ass,, mas,, gimn cr mrwt anak klinci saat msih bayi,, saya sdh mmpnyai ank klinci smpi 7x tp smuay mati,, tlong dong ksh tips cr mrwty dr ANDHIKA DEMAK

  69. yudho mengatakan:

    kelinci saya lahir didalam lobang tanah tolong dunk tips nya agar anak kelinci tidak sakit . . . !!!!!
    terima kasih

  70. nanda mengatakan:

    kelinci jenis apa yang sangat baik untuk dipelihara? dan apakah cara merawatnya mudah?

  71. iKHWAN hAPPY mengatakan:

    Saya lagi cari kelinci indukan jenis Flamish yg ukurannya benar2 besar (giant). Ada ya yang beratnya sampai 8 kg atau lebih? Kalo ada yg bisa bantu atau punya informasi tolong hubungi di nomer ini 081335761175 (bisa dihubungi sekarang) atau di 081359721254 (baru bisa dihubungi nanti setelah 12 September). Terima kasih.

  72. cindy devina pertiwi mengatakan:

    gw plihara kelinci mati mulu akh..menyebalkan..

  73. ANDRE mengatakan:

    KELINCI AUSTRALIA LUCU YA

  74. ANDRE mengatakan:

    TADI PGI Kelinciku beranak,, aku gak tau selama ini dia sedang hamil,, eh taunya kmrn malem dia melahirkan..trus ak.liat pagi2 ada bayi kelinci 2 ekor.di lanati.ak pkir itu bayi tikus. waktu ak liat kandang kelinci ternyata ada 2 ekor kelinci kecil yang sedang tersangkut kepalanya di antara bambu alas kandang kelinciku.Dengan usus terburai…pertanyaanya?? bgmana ciri2 kelinci hamil??? thanks

  75. resti larasati mengatakan:

    tengs yaa atas infony ..
    mudah”an bermanfaat :)

  76. martina mengatakan:

    ni ku mau coba2 ternak kelinci, makasih buat informasinya yah………..

  77. untung subagiyo mengatakan:

    mksh tipsnya. gmn cara ternak kelinci di daerah pemukiman ya !

  78. Sissy mengatakan:

    Hai, aku mau tanya nih!
    aku baru pelihara kelinci 2 hari yang lalu!
    aku tinggal di apartemen yg full AC
    yg ingin aku tanyain, kelinci itu bisa tinggal di tempat ber-AC gak?
    mohon di jawab ya!

    • tya mengatakan:

      waduh kayaknya sulit tu. alnya kelinci gak suka dingin and gak tahan ma dingin2. tapi, komentarku ini kan dah telat, jadi mungkin gak ngefek, tapi gimana kabar kelincimu sekarang? masih sehatkah?

      • wezt mengatakan:

        Nah lho? Kelinciku paling suka masuk kulkas. Setiap aku buka kulkas dia langsung lari dan loncat ke dalam kulkas… Gimana tuh?

  79. Tyas kinanti mengatakan:

    Hari ini aku bru pnya kelinci,lucu banget namanya maggie & billy,kelincinya warna h!T4m & putih…………..! Lucukan ……….! Punya kamu warna apa

  80. Intan mengatakan:

    saya mau tanya,kan td diatas ditulis satu di kandang tiap satu ekor disekat. saya punya 2 pasang kelinci, dari awal beli kandanghnya ditempatkan berdua-berdua tiap pasang..apa itu tidak apa2?

  81. ririn@ mengatakan:

    dah 1,5bln aku punya kelinci.tyus dah punya anak.tp cm 5,mati 1.hiks……
    lucu lucu lho anaknya.mksh ya artikelna.

  82. Alif syarif mengatakan:

    Ah baru semingu ak pnya kelinci eh udah mati duluan untung ak bru punya dua ,mohon donk tips yang baik merawat kelinci

  83. eby mengatakan:

    q udah beberapa kali beli klinci tp selalu mati,oia apa kelinci boleh makan selada

  84. annisa mengatakan:

    plis jawab yah !

    kelinci ku kemaren ngelahirin 6 anak .
    terus mati 3 karena ke injek ibunya .
    nah , waktu si kelinci ngelahirin saya ga tau kalo dia hamil .
    jadi , saya belum nyiapin kotak .

    kasian deh , ibunya tuh ga mau nyusuin anaknya .
    saya sodorin atau deketin ke ibunya , eh … malah buang muka .

    kasian banget !

    sekarang saya bingung harus ngapain …

    makasiih …

    • zera mengatakan:

      kelinci ku juga gt, tp coba deh diemin aja di deket ibunya, nanti juga ibunya nyamperin koq =)

    • Jack'r mengatakan:

      dugaan saya sih karena anaknya terkontaminasi bau tangan manusia, klo kelinci ngelahirkan anaknya dibwah 10 hari jangan pernah disentuh tangan langsung, soalnya sang induk biasanya ga mau ngerwat anaknya apalagi nyusuin, jadi klo memang harus dipindah pke kain lap bersih diusap2kan ke induknya dlu bru dipke buat mindahin anaknya. kita juga awalnya ga tau dah korban 10 ekor ankan fuzzi lop hikz… ampe sekaaarang masih nyesel tu

    • Alvin mengatakan:

      Teganya teganya sang ibu….

  85. tedy mengatakan:

    Artikelnya cukup membantu utk pemula makasih ya..

  86. tito arie mengatakan:

    kelinci jangan sering2 dikasih kangkung,,
    sualnya di kangkung itu kadang2 ada zat kimia atau getahnya,,
    jadi klo mw kasih kangkung cuci yang bersih,,
    sualnya klo kangkungnya gak bersih, kelincinya bisa mencret..

    klo makanan kelinci
    pake pakan kelinci yang praktis
    kayak makanan kucing..
    pakan itu mengandung vitamin, dll
    bagus buat makanan kelinci..

    klo sayuran (timun,wortel, dll)
    biasanya bagi kelinci hanya buat makanan tambahan atau sebagai pengganti minuman mereka, sualnya sayuran mengandung air,,

    jadi klo kita kasih sayuran trus, sama aja gak makan dunk kelinci nya, cuma minum doank,,

    thanks..

  87. Sammy mengatakan:

    Baru siang td bli sepasang klinci imut2 (umur 3 blnan)..
    Tp gag tw napa si jantan malez2 gt gaya na, mlh yg betina lari sana sini…
    Malam ini, si jantan mati kejang2, kluar air mata…
    Huwaaa… Life z 2 sh0rt…
    Napa ya sbab na?? Aq jd tkut neh mw bli pasangan baru utk si betina…
    Tolong d0nk kk kk skalian…
    Apa memang anakan klinci rentan mati ya??

  88. rizka fitriani mengatakan:

    bisa gk ee kelinci digunakan sebagai pupuk tanaman?

  89. shahirul mengatakan:

    assalamualaikum dan salam satu malaysia, saya ingin bertanyakan tentang harga-harga kelinci yg dijual oleh anda, iaitu ‘english angora’, ‘mini rex’, ‘standard rex’ dan ‘netherland dwarf’. group kami dari malaysia berminat dengan kelinci yang dipasarkan di negara kamu..

  90. Intan mengatakan:

    @Sammy : sebelum beli,liat dulu keadaan
    kalo kelincinya udah keliatan males, diem aja,,,itu ciri-ciri kelincinya ga sehat,,lebih baik jangan dibeli
    pilih kelinci yang keliatan aktif
    soalnya dulu saya juga pernah beli kelinci,saya beli karena dia lucu banget,tapi emang agak pendiam
    besok paginya kelinci itu mati

  91. randif mengatakan:

    Kalau bayi kelinci gak mau di susin induknya bagaimana cara kasih makan dan minumnya ya….??
    kasian kan kalau gak menyusui…

  92. rizka fitriani mengatakan:

    klo klinci bth mnm gk?

  93. Rt leny marlina mengatakan:

    apakah kelinci butuh minum?

  94. ATIS mengatakan:

    tolong artikelnya lebih lengkap dan spesifik lagi ya……

  95. Intan mengatakan:

    apa kelinci boleh dikasih makan bayam??
    soalnya saya dengar dari penjualnya kelinci tidak boleh diberi bayam

  96. Eka mengatakan:

    Tolong sy nic. .
    Sy pny klinci angora jntn. .
    Telinga ny sebelah kanan turun k bwh truz. .
    Tp yg kiri biasa aj. .
    Klw d liat sptny gag ad luka. .jd klinci sy knp yahh. .
    Kshn liat dia gt truz. .
    Tlg bntuanny. .trimz. .

    • Jack'r mengatakan:

      ini masih perkiraan saya ya… dari penggalaman sudah2

      klo kelinci masih umur 2-3 bulan kupingnya turun satu tapi ga ada masalah luka ato karena trauma ketarik kupingnya maka diperkirakan nantinya akan turun saatu lagi kupingnya, artinya kelinccinya bisa jadi jenis anggora lop… kadang emang ga turun sekalian kupinggnya….

      so jadi tinggal diamatin aj… klo buat pastinya bisa dicek aj indukannya….

  97. rudiat mengatakan:

    saya dapat banyak masukan dari http://kelinci.wordpress.com

  98. wulan rianni mengatakan:

    w senang bgt hari ank” kelinci w dah masukin seminggu ……. tp wktu itu w pny ank” kelinci 8 ekor mati 5 krang ank” kelinci ada 3 krang senang bgt lah ,,,,,,, ank” kelinci blm w ksh nama nich

  99. petsgaleri mengatakan:

    wah rame bener.. trims u/ tipsnya nambah pengetahuan. mungkin bisa share ttg alamat peternak yg bonafid?

  100. hani mengatakan:

    kelinci saya (jenis hotot dwarf) baru melahirkan 6 anak kelinci. tapi esoknya 4 anak kelinci mati. saya tdk tau itu kenapa.
    apakah
    1. tidak diberi susu induknya?
    2. terinjak2 ibunya?

    lalu bagaimana cara agak si induk mau menyusui anak2nya secara rutin?
    yang tahu, tolong kirim jawabannya ke e-mail saya hani.haniueo@yahoo.com
    thnks

  101. henny .yeye mengatakan:

    w sdih bangt…..klinci gw yg 1 lg meninggal….
    yg 1 lg sakit krna gr2 nya dimandiin pgi2 skali jm stgh 7 gtu lah am bokap gw…….

    tp untung bokap gw mao gantiin

  102. Jack'r mengatakan:

    w senang pelihara kelinci,,, terutama karena hobinya sma juga am pacaar w…\

    jadi klo lagi senggang kita suka hunt kelinci teruttma yang masih anakan umur 2 bulan… buat temen2 yang seneng kelinci juga jgn beli anakan dibwah umur 2 bulan kasian masih rentan krena masa sapih nya min 2 bulan…

    naah sekaarang kelinci wa dah pada gede semua malah ada yang udah ngelahirin juga lucu2 anaknya mini lion.

    yang jadi masalah ssekarang kelinci yang udah gede haarus dipisah sendiri2 kandangnya, mana ada yang baby juga udah mau gede. sedangkan kandang yang ada ga mungkin lagi ditambah.( bisa diusir bpk koz kbnyakan )

    total udah 9 ekor + 4 baby jadi 13 ekor (anggora,anggora loph,anggora inggris,dutch,mini lion. lion ) kebyang ga tu pelihaara dikoz???? runyam jadinya….

    buat temen2 ada yang minat mau adopsi kelinci ato sekedar shaaring2 aj datang aj ketempat w daerah conddongcatur sleman jogja (sms or call 0852 2834 8331)
    ntar juga bisa wa ajak jalan kepeternak kenalan kita. assik bisa liaat2 kelinci gratis he…. sukur2 beli ^^
    Thanks ya he…..

  103. henny mengatakan:

    Hallo…..
    aku sama suamiku baru beli kelinci tanngal 14 Feb 2010 kemaren, gak tau kenapa suamiku pengen banget pelihara kelinci…
    awalnya aku biasa2 aja, tapi setelah liat2, malah aku yang pilih sendiri kelincinya, yamg 1 anggora hitam aku kasih nama upik, yang satu lagi abu2 yang aku kasih nama abu…
    jadi sepasangg upik abu hehehehehehe……
    aku masih butuh tahu perawatan dan makanan yang cocok, biar kelinciku gak mmati….
    kasih tau ya apa aja makananya biar kelinciku terawat trus kapan aja mandinya(pake air hangatkah???)dan dikeringkandengan alami atau buata pake handuk…
    makasih semuanya…..

    • tya mengatakan:

      AKU juga pernah mandiin kelinci. tipsnya sebenernya gampang, mandiin waktu matahari dah agak panas jam 9-10.00 an and kalau bisa jangan waktu hujan. pake air biasa aja and di handuki bentar biar cepet kering. tapi habis itu biarkan keliaran jangan dimasukin kandang. n usahakan di tempat yang gak terlalu panas menyengat and gak dingin or lembab. jangan lupa berdo’a dulu, pake sampo biar wangi…. smoga lancar bu…,

  104. Metal_Raiderz mengatakan:

    Wahh,,kuq mua pd curhat klinci mati se…Prasaan plihara klinci tu mudah…Gw punya kelinci 6 ekor anggora da umur 2th gk napa2 tuw..Mkanan na jg gk special mlh trkesan seadanya..Rumput, nasi sisa makan, bekatul, daging sisa makanan, ubi2an, jagung smuana suka..Sampe2 ni krtas aj dmakan lho…Tp klinci gw gk q taruh dlm kandang,, q lpas d halaman luas..Jd na mreka mrasa bebas spt habitat asli so akhrna gk jd manja..Klinci klu dtaruh dkandang kotak tu jd na suka manja trus gmpang sakit,, yg kmbunglah yg mencretlah…

    Oya,,bg yg klinci na kna pnyakit gatal (scabies) bli aj obt na d toko,, bilang aj bli obt sakit gatal bwt klinci..Jgn lp bli suntikan na skalian..Cra nyuntikna gmpang,, lu angkat kulit kelinci yg d tengkuk trus lu suntik kn d kulit na, ingat jgn smpe kna dagingna..Nyuntikna jgn tgak lurus dr atas,,tp miring aj biar gk kna daging…Djamin 1mggu rntok tu pnyakit..Oya,,jgn lp liat ptunjuk dosis nya…

    Moga brmanfaat..

  105. inez mengatakan:

    hai haii. mau tanya2.
    tgl 17 kmren klinciku mlahirkan.. sbenernya 5, tpy yang 4 mati gara2 kecembung ma pipisnya induknya.
    nah smpe sekarang kok belum melek ya ? pdahal umurnya udah 9 hari. dn perudnya kenapa me\lendung ya ? berasa kayag kena busung lapar. hehe.
    bantuin ya.
    tks

  106. tya mengatakan:

    kemaren aku punya 1 pasang kelinci. memang sih, awalnya sulit melihara keduanya. trus, yang cewek mati eamang karena salahku aku mandiin pagi-pagi. tapi yang cowok masih sehat aja tuch, apa karena yang cewek klihatan kurang lincah sejak awal. trus aku beli kelinci cewek lagi, alhamdulillah sampai saat ini sehat and tambah gemuk aja. yang laki ganti mati. aku gak tau kenapa, tiba-tiba pagi hari do’i dah tiada. jujur aku tinggal di kosan ma orang banyak, jadi mau nyari tempat buat kandang khusus sulit banget. akhirnya ku taruh kardus n ku kasih lobang… ADA SOLUSI UNTUK KANDaNG YANG LAIN GAK….??? THANKS YOWWW

  107. tya mengatakan:

    alhamdulillah sekarang kelinciku sehat bugar berkat pemeliharaan yang sepenuh hati. tapi, kemaren februari kelinciku ada yang mati mendadak. q gak tau kenapa. malam hari padahal sehat-sehat aja eh…paginya mati. trus fue mau tanya nich, q kan tinggal di kosan, otomatis penghuninya banyak banget….jadi cari tempat yang pas buat kelinciku tu susah. akhirnya ku taruh kardus n q taruh di tv an. apa ada solusi lain????

  108. pu3 mengatakan:

    mo nanya dunkzzz
    klinci ku ko di kasih makan teruzz tp tetep kuruzz
    makanannya dedaunan dan wortel truzz klo di kasih kangkung mencret. knp tu???

  109. Samasa mengatakan:

    Thank untuk tip-nya.Kebetulan saya ingin beternak kelinci,tapi takut kelinci itu mati dan saya yang berdosa.Tanggapan Ibu saya,memelihara kelinci itu susah.
    Oiya,ada pertanyaan:

    -Apakah kelinci perlu diberi minum?
    -Apakah kelinci boleh dimandikan?

    Terima kasih,dan saya akan coba beternak kelinci.

  110. WIWN mengatakan:

    Salam kenal. saya tertarik usaha ternak kelinci. Sebelum coba ternak, saya pelihara 3 ekor kelinci. ternyata pelihara kelinci tidak mudah. Akhir nya Semua nya mati. Padahal saya suka bersaihkan kandang nya.

  111. tiwi mengatakan:

    saya baru pertama memelihara kelinci terus kelinci saya beranak,, bagaimana caca merawat bayi kelinci itu,,

    • meifi mengatakan:

      kamu kasih aja dia susu ,,dan jangan pisahkan kelinci itu sama induk nya………semoga bermanfaat ya tiwi

  112. ican mengatakan:

    sy mau tanya: anak kelinci sy umur 9 hari ditinggal mati induknya, anak kelinci berjumlah 5 ekor sekarang telah berumur 1 bln 10 hari, sy kasih minum susu selama tidak ada induknya pake alat pruit dan sekarang masih sehat, makanan apa yg cocok buat anak kelinci sy? apa dah boleh dikasih pelet? terima kasih mas

  113. cubitea mengatakan:

    aku piara kelinci dari umur dia lepas menyusui dari induknya dan aku beli adari teman,sampai akhirnya beranak 5 dan ku membuat lubang sehingga dia beranak dalam lubang itu sesudah beranak si lubang akan di tutup rapat sama induknya kalo selesai menyusui,di tutup rapat sama tanah biar tidak tercium sama binatang lain semacam curut,nah satu minggu kemudian ku ambil dari lubang karna kalo di dalam lubang si anak kelinci jarang di beri susu sama induknya paling 1 hari sekali malam ketemu malam lagi,3 minggu kemudian si anak kelinci mulai besar lucu2 sedang menyusui ku tinggal sebentar tuh begitu balik lagi ehh ada pembunuhan berantai si anak kelinci yg satunya mengeluarkan darah dari mulutnya yg satu lagi bergeletak hanya mengeluarkan kotoran doang yg satu lagi entah kemana hilang atau di makan,yg jadi pensaran matinya kenapa itu si anak kelinci,kalo mati sama kucing pasti ada bekas cakar atau bekas gigitan itu tidak ada,yhhh akhirnya kelinci ku skrg hidup ada 2 lagi yg satu gak tau kmn

  114. mitha mengatakan:

    aq pnya kelinci sepasang,lah..si betina telah aq kawinin beberapa kali sama si jantan..
    skrng dia sudah hamil.tpi knp koq blom melahirkan juga…??

    • meifi mengatakan:

      mungkin karena belum waktu nya melahirkan mit…

      • jenny hanafi mengatakan:

        seperti halY ja manusia juga ada yg melahirkan secara normal& ab normal,,,mungkin kelinci kamu termasuk ke dalam jenis yg ab normal,,,jadi mesti sesar tch,,,

  115. sagita paramita mengatakan:

    kelinci yg bagus n gak cepet mati jenis apa y???

  116. cantiq mengatakan:

    Terima kasih buat artikelnya, sangat berguna buat gw.
    Dua minggu yg lg gw beli dua anak kelinci, jantan n betina, warna coklat muda n coklat tua.
    Sayangnya yg jantan tidak bertahan lama, baru dua hari mati, padahal pagi harinya masih baik2 saja n makannya lahap banget..
    Kata si penjual mrk ini suka sekali makan kulitnya jagung yg muda, heran juga padahal setahu gw kelinci sukanya ma wortel n sayur..
    Waktu ak kasi wortel memang agak nolak,tapi akhir2 ini setelah gw selang-seling makannya ma daon ubi jalar/singkong, jagung, sawi putih akhirnya mau juga :)
    Seneng banget kalo liat kelinci gw pas gw plg selalu setia nungguin di dpn pintu teras, kayaknya bakal tau mau dikasi makan hahaha..
    Kalo siang memang ak biarkan di halaman blk biar bisa lari2 n loncat2 (skrg loncatannya jauh banget), kalo malem baru gw kandang krn di hal blk kalo malem banyak tikus berkeliaran n gw takut kelincinya dicokot..
    Kandang si chichi (namanya) selalu ak bersihin pagi n sore biar nda bau n pertamanya ak kasi minum di wadah tp krn nda disentuh akhirnya nda gw kasi lg skrg..
    Benernya mau gw beliin satu lagi biar si chichi nda kesepian..yah semoga aja si chichi bisa berumur panjang sampai beranak cucu:D

  117. sobur mengatakan:

    ok!!!!!!!!!!!!!!! saya sekarang bisa ternak kelinci dengan sehat .semoga kelinci saya seht slalu dan cepat beranak.agar bisa belajar berbisnis dan menambah uang jajan terima kasih utk tips nya ya !!salam SOBUR

  118. upri mengatakan:

    gw bli klinci 12 ekor, awal nya si baik2 aja… tapi ga tau kenapa mati satu persatu.. gejala nya kejang2… padahal makan nya gw kasih teratur… salah dari mana nya ya??? padahal tadinya kelinci gw udah pada gemuk2… gw kasih makan pelet pagi … malem nya gw kasih sayuran…

    al hasil sekarang kelinci gw tinggal 2 ekor… T_T

  119. adi mengatakan:

    om kl bisa d jwb dong cmmnt yg ada.. spy ada pncrahan nih buat piara klinci..

  120. jinarz mengatakan:

    baca itu, aku jd pingin punya kelinci.yoooooo…. beliiii kelinci

  121. ardhy mengatakan:

    Saya punya kelinci mudah dan skr punya anak 9ekor, tetapi kok induknya tdk mau menyusuinya dan di tinggal
    bagaimana cara memberi makan anak2 nya yg masih merah tsb dan diberi apa unk penganti susunya agar anak2 tsb tetap hidup

  122. medi mengatakan:

    bner gx sich ank kelinci gx bleh d pgang pakek tngan langgsung??????????????????????

  123. jenny hanafi mengatakan:

    bagai mana kalau kelinci di kasih makanY kangkung yang masih segar apakah tdk akan mempbuat perut kelinci kembung???THANK`S…………

  124. [...] TIP MEMELIHARA ANAK KELINCI [...]

  125. nana mengatakan:

    aku punya kelinci tpi ga’ mau klu disimpan dikandang. trus klu ditankpap malah ngelawan. abis tu kmrn pasanganx hilang gimana carax biardia ga’ ikut hilang?

  126. [...] TIP MEMELIHARA ANAK KELINCI [...]

  127. Penginapan di jakarta mengatakan:

    makaish ya .. saya sangat suka .. soalnya saya juga ingin mendalami usaha seperi ini .. mudah mudahan jadi

  128. dee mengatakan:

    Mau tanya, urgent nih.. Kelinciku lagi kejang-kejang ni dan pipis terus,tadi ketahuan pas hujan kelincinya gak bisa bergerak/berdiri. Apa karena kedinginan ya? Tadi langsung aku hangatin pake hair dryer.. Masalahnya ini kelinci induk (jenis holland) yg masih menyusui 2 anaknya berumur 2 mingguan. Mohon solusi dan sarannya guys.. Thx

  129. GYM mengatakan:

    haii….
    kelinci di kasih makan apa aja supaya gede
    tolong kasih tau donk plizz..
    siapa aja

  130. dio mengatakan:

    kalo anak kelinci yang baru lahir tiga hari dipisah dari induknya gapapa ?
    mohon infonya yah,,soalnya saya pemula dalam hal mengurus kelinci .

  131. nabila mengatakan:

    kalo kelinci boleh dikasih susu yang diseduh ga ? kalo boleh susu bubuk/kental manis ? makasih infonya :D

  132. tamsyah mengatakan:

    kelinci saya kejang” duhhhhh help me…

  133. han han muts mengatakan:

    saya melihara kelinci panda caranya sama atau beda trus saya memakai tempat box apakah bolehh?

  134. tika mengatakan:

    aq pengen melihara kelinci tapi gak boleh sama ortu….cara’a gimana yah supaya d ksih izin sama ortu??hhe

  135. hendro ivan wahyudi mengatakan:

    saya lagi belajar ternak kelinci.tp setiap melahirkan anak kelinci tersebut sell mati.dan yg terakhir beranak 5 ekor tp jg mati smua.mohon petunjuk bagi yg pengalaman cara sukses merawat anak kelinci yg baru lahir suoaya selamat smpai dewasa.thx

  136. dhiana putrii mengatakan:

    baru beli kelinci anggora inggris :) lutcunya bukan main :) perlu diketahui sebelumya ini udah k’15 kali mlihara klinci. yang awet idupnya cuma 1 biji .. namanya mimi .. tahan sampe 2 tahun .. tapi skrg uda matti .. :(
    mnurut pengalaman saya .. kelinci awal2 memang suka dikasi makan kangkung .. tapi lama2 bisa diare .. mungkin karna kangkung disemprot pestisida /.baru sekitar 2 mnggu ini saya mncoba mmberi makan kelinci saya rumput .menurut para penjual rumput baik dikonsumsi kelinci ,,, tapi akibatnya kok malah kecanduan rumput ya ?? jadi susah makan wortel ..
    1 minggu sekali tiap malam saya tak lupa mmberi mereka minum susu .. agar selalu sehat ..

  137. Anne mengatakan:

    sepertinya masalahnya sama ya… kelinciku kmren hbis meninggal, karena kejang dan diare, dokternya bilang “oh.. ini masih terlalu kecil siih, harusnya masih nyusu ibunya”. nhaa kalo gt, kalo kita pelihara anak kelinci dikasih minumnya susu kah? padahal katanya juga ga boleh dikasih minum bnyak2. jd yg bener ngasih makan n minum kelinci baby tu gmna? mohon bantuannya yaaa

  138. grandies mengatakan:

    pengen pelihara kelinci lagi, kelinciku indukan 4 mati anak nya uda 16 mati juga semua hiks hiks…., temanggung terlalu dingin mungkin yaaaa

  139. alvin mengatakan:

    saya punya kelinci anggora sepasang, tapi Kandangnya tidak rata (kawat ramnya jaraknya terlalu lebar sehingga Kaki kelinci dapat masuk) , apakah berpengaruh pada Kelinci Tsb ?

  140. jefry mengatakan:

    saya pny 2 ekor kelinci angora, tapi mati 1 d mkn kucing… cz tgl 1.. gmn cara melihara byar cpt gede.. trus di kasih mkn ap?

  141. Nona mengatakan:

    boleh ga kelinci dikasih makan daun singkong ? soalnya dekat rumah ku banyak banget daun singkong… mohon jawabannya ya….makasih…

  142. tukimin mengatakan:

    tetangga ak pelihara kelinci, pertama beli 7 tujuh usia kurang dr 2 bulan, pas beberapa minggu dipelihara agak kotor, trus dimandiin dgn cr menyemprotkn air kyk nyiram bunga, alhasil mati 6 sisa 1 yg hidup, trus beli indukan 2 ekor,padahal udah dbilangin jangan dimandikan dulu, eee…baru seminggu dipelihara diguyur lg, alhasil mati 1 sisa 1, pas sekitar 2 minggu mati lg indukan yg satunya, akhirnya dia piara sepasang marmut, si marmut tampak kuat walau yg punya hobby mandikan ala cowboy. Sekarang si marmut bunting,mudah2n anak2 marmut lahir sehat semua. Kenapa ya marmut lebih kuat ketimbang kelinci walaupun badannya lebih kecil…

  143. tika mengatakan:

    klo kelinci jantan ama betina harus dipisah enggak kandangnya??

  144. fauzi mengatakan:

    ass..
    mau tanya pak, kelinci saya melahirkan, pada waktu elahirkan saya tidak tahu lalu indukan jantan dan betina saya campur eh pas melahirkan anaknya sudah mati di makan sama indukan jantan,,
    bagaimana untuk kedepannya agar tidak terulang lagi.
    kasih sarannya..??
    thx

  145. degix mengatakan:

    mohon sarannya pecinta kelinci..
    aq brncana beli sepasang kelinci umur 1/2 bulan..
    mslhnya aq tngglnya di kos2an dan sehari2 aq kerja dari pagi sampe sore..
    boleh gak klo kelincinya saya biarkan di kamar sja seharian?..

  146. agribisnis mengatakan:

    Apa betul, dalam kandang kelinci tidak perlu disediakan tempat minumnya ? Apa alasannya ?

  147. Meidy Runtupalit mengatakan:

    Thanks infonya….jadi tambah semangat ngurus kelinciku. he..he…he

  148. thyno mengatakan:

    qoe jg bru bli kelinci 3 hri yg llu…pengen nyoba’2 piara…hbis lucu’2 sich…..
    tp wktu klinci d bawa pulang n d lepas d kamar tamu dia mlh lari’2 n minum air aquarium cupang qoe yg qoe letakin d bawah…
    kta’x kelinci tk boleh d ksh minum…..
    Tolong bwat info jelas’na…thanks,,,,,

  149. alvira mengatakan:

    aku punya kelinci 2 ekor sorenya aku kasih makan sawi tapi dia kok kejang2

  150. Aku baru beli anak kelinci australia kemarin. thanks infonya. Berarti kalo ngasih sayuran harus dibiari layu dulu ya. supaya nggak mencret. perlu diberi minum air nggak?

  151. aya RS mengatakan:

    gmana tips2 buat punya kelinci yang baik yaaaa

  152. arlia mengatakan:

    Kelinci anggora boleh minum sama mandi ga?

  153. ruhama paranggai mengatakan:

    aq bru beli sepasang anak klinci. Gmana tipsx spaya kelincix, gak mati ya ?

  154. na2 mengatakan:

    Thank’s ya yang udah ngasih masukan, so aku baru 2 hari pelihara kelinci….aku pnya sepasang kelinci yang bru berusia 2bln…tiap hari aku kasih sawi,,,,aku baru tau kalo sawi bnyk mengandung air jd aku stop dl deh…besok2 di kasih yang agak kering2 he…:)

  155. kangjengtito mengatakan:

    6 kelinci sudah aku pelihara tapi mati semua… lalu sekarang aku pelihara lagi kelinci 2 ekor,jantan dan betina… sebelumnya kematianya itu karena mencret2,,dan setelah saya baca dan belajar dari kesalahan saya,, semoga kelinci ini baik-baik saja
    ilove bunny

  156. Iiarr c'em mengatakan:

    Saya baru punya kelinci nii.
    Tapii mcihh bayii.
    Paa biisa dgn cara d atas klinciq bisa iidup lama.?

  157. fajar bejah mengatakan:

    saya punya kelinci anggora indukan .. ga sengaja beli malah sekarang punya anak .. trus tetek nduknya ga kluar .. bngung yang nyusuin gmana .. pake susu apa ya? kaisan … 5 cindil soalnya

  158. raisya mengatakan:

    Aq pemula dlm memelihara kelinci.. Blm Ada sminggu aq pelihara sepasang anak kelinci yg djual dipinggir jalan (kata abangnya baru 1bln).. Tadi pagi kelinci yg cewe mati.. Sedihnya diri q.. Tnyata Ga boleh kebanyakan makan kangkung ya? Selama ini cuma q kasih kangkung n wortel.. Apa sich menu lain untuk kelinci krn di kota q Ga Ada pet shop..? Berdoa malam ini semoga bsk pagi kelinci yg satu lagi masih hidup sehat.. Amien.. Merasa berdosa masalahnya diri q krn secara Tidak langsung jadi penyebab kematiannya.. Hik..hik..hik..

  159. silmi mengatakan:

    saya punya kelinci 2 ekor , yang yang betina kelinci biasa , dan yang jantan kelinci angora , dan kedua kelinci itu selalu w liarkan di taman rumah gue , ketika gue kurungin dia ke kandang dia malah sakit gan , n yang mau w tanyain , apakah bagus kelinci diliarkan atau malah berdampak buruk ? soalnya selama ini kelinci gue bertahan lama kalau diliar kan , !
    jawab ye !

  160. salsabilla nurulla mengatakan:

    mksi yya tips ny,,si kessy (namany) dahk prna nglahrin ps wkt it sekrng anakny dahk pd guede”” ankny ad 6 jg da g nyusuin lgy ke si kessy nya .. eh skrng dia lhirn lgy anakny ad 6 jg ya moga g pd mt y amin

  161. tata_Indramayu mengatakan:

    kalo ibunya ga mau menyusui,.
    pegangin aj dulu ibu nya jgn mpe lepas dulu lalu bayi klci nya di taruh aj di bwhnya,,
    nnt jg nyari tete ny sndiri.
    itu yg aku lakuin kl ibu klinci ga mau menyusui.
    dari pada mati banyi nya

  162. labibah nur hasanah mengatakan:

    terimakasih atas saran dan tipsnya semoga saya bisa berternak kelinci kalau saya tau.dulu saya belum tahu tentang kelinci tapi setelah lihat ” tip memelihara anak kelinci” sekali lagi terima kasih!!!!!!!!!!!!

  163. horas….saya baru punya kelinci anggora nih masih umur 2 bulan…
    makanan yg cocok apa??
    dah temptnya juga hanya d tarok karton dan pakain bekas d dalam…dan tidak terkena cahaya matahari…
    gmana tuh???
    tolong bls y

  164. indeeer mengatakan:

    kelinci aku dua ekor (satu jantan satu betina),,,
    dipelihara dari kecil, waktu kecil aku cuma kasih makan jagung sama wortel terus ditambah pelet.
    ga pernah kasi kangkung. untuk minuman, sedian botol air yang digantung di kandangnya ( bisa dibeli di petshop )
    hari ini bary lahiran 4 ekor,,,, duh senengnya
    mudah2an sehat trus

  165. Mila mengatakan:

    Hmp. .blh ngk nanya kelinci blh di ksh minum.atau ngk? N bgsnya kelinci yg msh baby. .mandinya berapa kali dlm sebulan? Tlg di jwb ya

  166. Siska mengatakan:

    Bagaimana c cara merawat kelinci yang baru lahir,supaya induknya mau merawat??

  167. christine mengatakan:

    bagaimana sebaiknya pemberian air minum u/ kelinci usia 2 bln an ? soalnya kelinci saya suka sekali minum,pup nya jd agak basah dan bulet2x dempet membentuk tabung, biasanya bulet2x kayak batu sebelum byk minum, jadi pup kelinci sehat spt apa sie ?tq

  168. Riyan Maulana mengatakan:

    Wah siap dh,ak coba,,,

  169. anyoem mengatakan:

    kelinci sy baru saja melahirkan tapi tidak mencabuti bulunya dan tidak mau menyusui anaknya. kira2 apa yang bisa diberikan sbg pengganti susu induknya? terimakasih.

  170. inrasto Abraham mengatakan:

    kelinci yang saya rawat sangat sensitif ada ngga tips yang lebih baik lagi sehingga saya tidak perlu hawatir lagi dengan hal-hal buruk yang terjadi pada kelinci terserbut

  171. arinta mengatakan:

    mas, mau tanya nih..
    ni knapa y kelinciku kok tiba2 gga mau makan..
    pdahal biasanya kalo makan, dia lahapp banget.

    trus, akhir2 ini telinganya jatuh sebelah..
    itu kenapa y mas..
    mohon d jawab, maklum masih pemula..
    makasii..

    *Arinta. :)

  172. santiko mengatakan:

    lha kalau ditanah gimana? apabecek ndak pa2?

  173. Sulthan Asaid Anshari mengatakan:

    apakah kelinci dibawah 5 bulan ga boleh diminumin

  174. Saffa mengatakan:

    Kelinci itu harus dimandikan tidak? Kalau iya, tolong beritahu caranya. Terima Kasih.

  175. MissPurpleKim mengatakan:

    Mau tanya nih, aku melihara kelinci umur 2bulan terus sering dikasih makan kangkung&wortel, pertanyaannya kangkung sm wortel emang bikin kembung ya? Terus kl mlm2 dia diem aja, pdhl katanya kelinci aktif dimalam hari. Tolong dijawab atw berikan saran

  176. B. Varian Y. W. mengatakan:

    Informasi Situs web Anda menarik, makasih infonya Gan. kunjungi juga http://varian.student.ipb.ac.id/

  177. wahyu mengatakan:

    Permisi mbk2nya, mas2nya ato aplah. mau tanya, waktu itu itu q beli 2 kelinci persia ( jantan and betina ) dan badanya gedean si betinanya. saat saya kawinin si betinanya lari2, klopun kawin si betina nggk maw mengangkat ekornya .malahan bunyi kayak tikus gtu ngit ngit . yang mau sya tnyakan
    1. apakah karena lebih gedean betina betinanya nggk mau di kawinin jantan yg lbih kecil ?.
    2. apakah kelinci saya sedang hamil, tapi saya lakukan teknik palpasi ( perabaan, saya biasanya nglkuin ini supaya tau hamil ato nggk ) tpi nggk ada janin kelincinya .
    3. Klo kelinci hamil muda itu gmna sih ?
    Tlong segera d jwab. terima kasih banyak.maaf bnyak nanya. Maaf klo ada kta yg krang berkenan. :) ;)

  178. batara mengatakan:

    dokter hewan di medan di mna nya sih,? ksih tau donk tempatnya mana tau aja kelinci anggora aq sakit kan bisa ke dokter hewan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: